Skip to content
penyebab rambut lepek

5 Penyebab Rambut Lepek yang Sering Dialami oleh Perempuan

Ketahui Penyebab Utama Rambut Lepek & Cara Mengatasinya

 

Selain ketombe dan rambut rontok, rambut lepek adalah hal yang banyak ditakuti oleh wanita. Rambut lepek seringkali menjadi penyebab utama bad hair day yang akhirnya memengaruhi mood saat beraktivitas.

Lebih buruknya lagi, rasa percaya diri untuk berinteraksi dengan orang lain pun semakin menurun. Jika sudah begini, lantas apa yang harus kamu lakukan untuk mengatasi rambut lepek? Yuk, cari tahu di bawah ini!

Apa Itu Rambut Lepek?

Istilah rambut lepek ini sendiri digunakan untuk menyebut kondisi rambut yang kempis, berminyak, dan juga terlihat seperti basah. Biasanya, hal ini lebih sering dialami oleh mereka yang berambut lurus dan tipis, tinggal di daerah tropis, dengan kondisi udara dan cuaca yang cukup panas.

Baca Juga : Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Ciri-ciri rambut lepek biasanya terlihat dari kulit kepala berminyak, rambut terlihat kempis dan kehilangan volumenya, serta terasa licin saat disentuh. Apakah kamu pernah mengalaminya?

Penyebab Rambut Lepek dari Aktivitas Sehari-hari

Jika iya, umumnya rambut lepek yang kamu miliki bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Cuaca Panas

Tinggal di negara tropis dengan udara dan cuaca yang cukup panas menyebabkan kulit kepala lebih mudah berkeringat. Saat berkeringat, kotoran dan debu akan menempel dan menyebabkan produksi sebum meningkat. Selain menyebabkan rambut lepek, kondisi ini juga bisa memicu ketombe yang membuat kuliy kepala terasa gatal.

2. Cara Keramas dan Penggunaan Conditioner yang Salah

Salah memilih produk shampo dan menggunakan conditioner juga bisa menjadi penyebab rambut lepek pada perempuan. Oleh karena itu pastikan membilas rambut hingga bersih setelah keramas dan hindari menggunakan conditioner rambut dari atas rambut ya, Sis!

3. Begadang Hingga Larut Malam

Kurangnya kualitas tidur seseorang memicu peningkatan produksi hormon kortisol dalam tubuh seseorang. Hal inilah yang membuat kulit kepala menghasilkan sebum atau minyak berlebih dan menyebabkan rambut lepek.

4. Pola Makan yang Tidak Sehat

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak memicu kelenjar minyak dalam tubuh menghasilkan minyak berlebih di jaringan kulit, salah satunya adalah kulit kepala.  Selain makanan berlemak, makanan tinggi gula, karbohidrat simple, produk olahan susu, dan makanan cepat saji juga termasuk makanan yang dapat menyebabkan rambut berminyak jika dikonsumsi secara berlebihan dan terus-menerus.

5. Terlalu Sering Styling Rambut

Salah memilih produk styling rambut seperti pomade juga bisa menyebabkan rambut lepek. Hal ini karena biasanya ada sisa pomade yang menempel di kulit kepala yang susah dibersihkan yang akhirnya membuat rambut terasa kotor dan berminyak.

Bagaimana Cara Menghindari Masalah Lepek pada Rambut?

Setelah mengetahu apa saja penyebab rambut lepek, berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut lepek adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dengan menghindari makanan berlemak dan olahraga secara rutin. Sebaliknya, konsumsilah makanan yang kaya akan protein, vitamin B3, dan kaya akan antioksidan.

Baca Juga : Cara Agar Rambut Tidak Lepek dan Bervolume

Selain itu, penuhi kebutuhan waktu tidur, yaitu enam hingga delapan jam setiap malamnya bagi orang dewasa.

Tak cukup hanya dengan menerapkan pola hidup sehat, tips supaya rambut tidak lepek yang sederhana lainnya adalah dengan keramas menggunakan produk shampo yang sesuai dengan kondisi rambut, terutama yang memiliki kandungan bahan alami di dalamnya.

Dengan begini, nutrisi yang terdapat di dalam produk shampo bisa terdistribusikan dengan baik hingga akar rambut.

1. Perawatan Rambut Lepek Menggunakan Sunsilk Black Shine Activ-Infusion

Memilih shampo dengan kandungan bahan alami bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, karena saat ini telah hadir Sunsilk Black Shine Activ-Infusion. Kandungan Formula baru Activ-Infusion di dalamnya lebih kaya nutrisi, seperti Urang Aring + Oil untuk membantu menutrisi, menguatkan, dan meningkatkan kilau hitam alami rambut.

Selain itu, Sunsilk Black Shine Activ-Infusion juga dilengkapi kandungan Collagen yang berperan untuk melembapkan dan menguatkan rambut, serta kandungan jeruk nipis yang kaya akan vitamin C untuk menyegarkan dan melembutkan rambut. 

2. Perawatan Rambut Lepek Menggunakan Sunsilk Hijab Refresh & Volume

Nah, khusus untuk kamu yang berhijab, kamu bisa melakukan perawatan di rumah menggunakan Sunsilk Hijab Refresh & Volume secara rutin. Kandungan bahan alami seperti pomegranate, daun mint, dan micellar ice di dalam Sunsilk Hijab Refresh & Volume mampu menjadikan rambut lebih bervolume dan mengembang. 

Diperkaya kandungan bahan alami seperti strawberry dan mint, Sunsilk Hijab Refresh & Volume juga mampu membuat kulit kepala terasa segar dan rambut tidak lepek. Tak hanya membuat rambut lebih bervolume dan bebas lepek, Sunsilk Hijab Refresh & Volume diformulasikan menggunakan teknologi Perfume Touch, sehingga membuat rambut wangi tahan lama hingga 48 jam lamanya. Dengan begini, tak perlu khawatir lagi menggunakan hijab, deh.

Nah, setelah melakukan perawatan rambut lepek menggunakan Sunsilk Black Shine Activ-Infusion ataupun Sunsilk Hijab Refresh & Volume, pastikan untuk membilas rambut hingga bersih setelah keramas ya, Sis. Tujuannya adalah untuk mencegah penumpukkan sisa produk shampo yang menempel di kulit kepala sebagai salah satu pemicu ketombe dan rambut lepek.

Tak perlu menunggu lama lagi, yuk beli produk shampo Sunsilk Black Shine Activ-Infusion dan Sunsilk Hijab Refresh & Volume di toko kesayangan kamu sekarang juga! Untuk memiliki rambut indah dan bebas lepek tak perlu perawatan mahal, deh.