Skip to content
Manfaat Urang Aring untuk Rambut Hitam Berkilau

Manfaat Urang Aring untuk Rambut Hitam Berkilau

Rambut hitam legam dan lebat selalu menjadi impian banyak perempuan Indonesia. Namun, untuk mendapatkan rambut yang hitam dan sehat pastinya nggak gampang dan membutuhkan perawatan yang rutin.

Terus, gimana dong, solusinya? Penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung urang aring adalah salah satu cara yang bisa kamu coba! Urang aring sendiri sudah digunakan oleh perempuan Indonesia sejak zaman dahulu karena dipercaya bisa menghitamkan, menebalkan, dan memberikan efek berkilau pada rambut.

Nggak cuma tiga manfaat yang sudah disebutkan di atas saja lho. Urang aring juga sangat berguna untuk merawat kesehatan rambut. Yuk, simak 5 manfaat urang aring untuk rambut kamu!

  • 1

    Membantu Pertumbuhan Rambut

    Minyak urang aring adalah salah satu jenis perawatan rambut yang sangat populer digunakan banyak orang untuk menumbuhkan rambut setelah minyak kemiri. Dikutip dari laman Read and Digest,  minyak yang berasal dari tanaman dengan nama ilmiah Eclipta Alba, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan False Daisy ternyata memiliki kandungan wedelolactone, yang berfungsi untuk merevitalisasi sel-sel rambut dan kulit kepala serta Vitamin E yang sangat efektif untuk mencegah kerontokan dan kebotakan rambut.

  • 2

    Membersihkan Kotoran di Kulit Kepala Secara Maksimal

    Ekstrak dari daun urang aring bisa digunakan untuk membersihkan kulit kepala secara maksimal dan mencegah ketombe loh, Sis! Soalnya, kalau kamu memijat kulit kepala dengan menggunakan ekstrak daun urang aring, kulit kepalamu niscaya akan terasa lebih lembap dan kulit kepala tidak kering sehingga ketombe menjadi sulit untuk muncul apalagi menyebar di seluruh kulit kepala.

    Manfaat urang aring yang satu ini sangat berguna bagi kita, yang tinggal di negara beriklim tropis. Apalagi kalau kamu aktif dan memiliki banyak kegiatan di luar ruangan yang bikin kulit kepala jadi mudah berkeringat. 

  • 3

    Mencegah Rambut Kering

    Rambut yang kering dan susah diatur tentunya bisa bikin mood ikut-ikutan berantakan seharian. Tapi jangan khawatir, Sis! Rajin mencuci rambut dengan menggunakan shampo urang aring bisa bikin rambut semakin halus, jadi makin percaya diri setiap hari, deh! 

  • 4

    Menyejukkan Kulit Kepala

    Buat kamu yang memiliki aktivitas segudang, manfaat urang aring yang satu ini cocok banget buat kamu!

    Bahan alami dari urang aring memiliki efek menyejukkan kulit kepala. Urang aring juga mempunyai efek anti-radang, yang diyakini bisa mengatasi psoriasis dan iritasi, serta membantu meningkatkan sirkulasi di area kulit kepala. Merawat rambut dengan menggunakan produk yang mengandung urang aring juga bisa membantu melembapkan serta menyerap minyak berlebih pada kulit kepala. Jadi, no more rambut lepek!

  • 5

    Membuat Rambut Hitam Berkilau

    Kalau manfaat urang aring untuk rambut yang satu ini sih, nggak perlu diragukan lagi, Sis! Soalnya, daun dari tumbuhan urang aring memiliki pewarna hitam alami, yang biasa digunakan sebagai bahan penghitam rambut dengan alami sejak dulu. Oleh karena itu, kandungan urang aring sering ditemukan dalam berbagai produk shampo untuk menjaga warna alami rambut. 

Gabung ke diskusi kami