Skip to content
cara menghilangkan ketombe secara alami

5 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami untuk Hijabers

Rawat Rambutmu agar Terhindari dari Ketombe

 

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang sering dihadapi perempuan berhijab. Apa sih penyebab ketombe bisa muncul pada rambut? Nah hal ini bisa terjadi karena kita hidup di negara tropis dengan cuaca yang cukup panas dan tingkat kelembapan udara yang tinggi.

Kondisi inilah yang akhirnya memicu kelenjar kulit memproduksi keringat dan sebum (minyak) yang cukup banyak, termasuk di kulit kepala. Nah, dari sini bisa kamu bayangkan kan bagaimana kondisi kulit kepala dan rambut yang tertutup hijab hampir seharian penuh? 

Yup, tentunya keringat inilah yang akhirnya ‘terjebak’ dan mengendap di kulit kepala. Jika dibiarkan secara terus-menerus, maka tak heran jika endapan keringat ini akan menjadi ketombe yang menyebabkan rasa gatal sehingga membuat kamu merasa tidak nyaman saat beraktivitas.

Bahkan, jika permasalahan ketombe tidak segera diatasi bisa menyebabkan masalah kesehatan rambut yang lebih serius, mulai dari rambut rontok hingga muncul bau tidak sedap atau bau apek dari kulit kepala. Ugh, membayangkannya saja tidak sanggup ya, Sist?

Meski masalah ketombe tidak akan terlihat karena menggunakan hijab, tetap saja permasalahan rambut ini harus segera diatasi dengan baik. Permasalahan ketombe yang seperti tak ada ujungnya inilah yang akhirnya membuat para perempuan berhijab akan lebih rajin mencari tahu tentang cara menghilangkan ketombe, mulai dari menggunakan sampo anti ketombe hingga memanfaatkan bahan tradisional sebagai cara mengatasi ketombe secara alami.

Kamu pernah mencobanya juga? Jika belum tahu, berikut informasi mengenai cara menghilangkan ketombe secara alami!

5 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami untuk Perempuan Berhijab

Bahan alami apa yang bisa menghilangkan ketombe? Nah, penggunaan bahan alami tentu bisa menjadi cara menghilangkan ketombe secara alami. Beberapa bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk merawat rambut, antara lain:

1. Lidah buaya

Selain bermanfaat untuk melembapkan dan melembutkan kulit wajah, ternyata lidah buaya juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan rambut kamu lho Sist, salah satunya adalah untuk mengatasi masalah ketombe. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki kandungan antijamur dan antibakteri di dalamnya. Dari lidah buaya ini, kamu bisa memanfaatkan bagian gel yang terdapat dalam dagingnya (bagian dalam yang transparan) secara langsung atau dengan membeli aloe vera kemasan yang dijual di pasaran. Cara menggunakannya juga sangat mudah, yaitu:

  1. Mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala secara merata, kemudian berikan pijatan ringan menggunakan ujung jari dengan tekanan yang lembut dan konsisten secara menyeluruh.
  2. Setelah memijat kulit kepala secara menyeluruh, diamkan beberapa saat agar menyerap sempurna.
  3. Kemudian, bilas menggunakan air bersih, bila perlu ulangi hingga beberapa kali dan diamkan rambut selama satu jam. Ingat, tak perlu menggosok rambut menggunakan handuk dan biarkan rambut mengering dengan sendirinya, ya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa melakukannya dua kali dalam seminggu.

2. Baking soda

Tak hanya dimanfaatkan sebagai bahan membuat kue, baking soda atau soda kue juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami. Baking soda sendiri merupakan zat eksfolian yang dipercaya mampu mengangkat minyak dan sel-sel kulit mati di kulit kepala.

Sama halnya dengan lidah buaya, baking soda juga memiliki kandungan zat antijamur yang bisa melawab jamur penyebab ketombe, seperti Malassezia Globosa.

Nah, jika kamu tertarik untuk mencobanya, sebaiknya gunakan dalam jumlah sedikit saja dan tidak terlalu sering.

Penggunaan baking soda yang berlebihan untuk mengatasi ketombe justru bisa membuat kulit kepala kehilangan minyak alaminya dan menyebabkan kulit menjadi sangat kering dan mudah iritasi. Untuk mencobanya di rumah, lakukan caranya berikut ini:

  1. Basahi rambut dan kulit kepala hingga merata, kemudian oleskan 2-3 sendok makan baking soda di kulit kepala secara menyeluruh.
  2. Diamkan selama kurang lebih dua menit sebelum membilasnya menggunakan air bersih. Bila perlu, ulangi pembilasan dan pastikan tidak ada endapan baking soda yang tersisa di kulit kepala ya, Sist!
  3. Lakukan cara ini dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaiknya.

3. Minyak kelapa

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan sebagai cara mengilangkan ketombe secara alami adalah minyak kelapa. Fungsi minyak kelapa dalam hal ini adalah untuk menghidrasi kulit kepala yang kering sebagai salah satu penyebab munculnya ketombe pada perempuan berhijab.

Tak hanya itu, kandungan zat antimikroba di dalamnya juga dipercaya mampu membantu melawan jamur dan bakteri penyebab ketombe, loh! Tertarik untuk mencoba?

Ikuti caranya berikut ini, ya!

  1. Oleskan dua sendok makan minyak kelapa di kulit kepala hingga merata.
  2. Berikan pijatan ringan menggunakan ujung jari, mulai dari tepi pinggir rambut, ke bagian tengah, dan bagian belakang rambut.
  3. Diamkan selama satu jam, kemudian bersihkan rambut menggunakan sampo dan membilasnya menggunakan air bersih. Lagi-lagi, pastikan kulit kepala sudah bersih dan tidak ada sisa minyak kelapa yang menempel di kulit kepala dan helaian rambut kamu, ya!

4. Tea tree oil

Tea tree oil juga dikenal sebagai bahan alami yang banyak dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan kulit, salah satunya adalah kulit kepala. Hal ini karena tea tree oil memiliki kandungan antimikroba dan anti peradangan yang mampu melawan jamur penyebabb ketombe serta dermatitis seboroik dengan efektif.

Maka tak heran juga kalau tea tree oil seringkali dijadikan sebagai salah satu bahan alami yang terdapat pada produk sampo khusus ketombe. Untuk menggunakannya, simak caranya berikut ini:

  1. Campurkan 2-3 tetes tea tree oil dengan 3 tetes minyak kelapa, kemudian tuangkan ke kapas bersih. 
  2. Setelah itu, oleskan pada kulit kepala secara merata. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak tiga kali dalam seminggu. Namun perlu diingat, jika kamu termasuk salah satu perempuan berkulit sensitif, sebaiknya perlu berhati-hati dalam menggunakannya ya, Sist. Pasalnya, penggunaan tea tree oil mungkin saja menimbulkan iritasi pada kulit bagi beberapa orang. So, kenali dulu kondisi kulit kamu sebelum menggunakannya, ya!

5. Jeruk nipis

Cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami lainnya bisa dengan memanfaatkan perasan air jeruk nipis. Sifat asam dan kandungan antioksidan di dalamnya dikenal mampu menghambat perkembangan salah satu jenis jamur penyebab ketombe, seperti Malassezia Furfur.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, cukup ikuti langkahnya berikut ini:

  1. Oleskan perasan jeruk nipis ke permukaan kulit kepala, kemudian diamkan selama beberapa menit agar sari jeruk nipisnya meresap sempurna hingga ke dalam kulit kepala dan folikel rambut. 
  2. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih dan dilanjutkan dengan keramas menggunakan sampo untuk atasi ketombe.
  3. Lakukan cara ini secara rutin setidaknya hingga keluhan ketombe berkurang bahkan menghilang. 

Kamu juga bisa mencampurkan perasan jeruk nipis dengan cuka apel, minyak zaitun, atau garam dan aplikasikan pada kulit kepala secara merata sebelum membilasnya menggunakan air bersih dan melanjutkannya dengan keramas menggunakan sampo ketombe pilihan.

Rekomendasi Sampo untuk Atasi Permasalahan Ketombe

Namun sepertinya hanya dengan mengandalkan bahan alami saja untuk menghilangkan ketombe rasanya masih kurang ya, Sist?

Well, kamu bisa memaksimalkan usaha untuk menghilangkan ketombe, ancaman rambut rontok, dan bau apek dengan mencuci rambut secara rutin menggunakan sampo untuk ketombe. 

Solusinya, pilih shampo Sunsilk untuk rambut rontok dan ketombe berupa Sunsilk Hijab Refresh & Anti-Dandruff yang mengandung bahan alami peppermint, buah tin, jeruk nipis, dan micellar ice di dalamnya. Kandungan inilah yang dipercaya mampu memberikan perlindungan dari ketombe dengan sensasi dingin dan segar seketika. 

Bahkan, dengan keramas menggunakan Sunsilk Hijab Refresh & Anti-Dandruff secara rutin, rambut kamu pun akan lebih harum hingga 48 jam lho, Sist!

Nah, buat perempuan berhijab, sekarang tak perlu takut lagi ketombe membandel, rambut rontok, lepek, dan bau apek, deh!

Sunsilk Merekomendasikan

( : )