Skip to content
penyebab ketombe gatal

Catat! Ini 5 Penyebab Ketombe Gatal yang Bikin Tidak Pede

Kenali Penyebab dari Ketombe Untuk Jalani Hari Lebih Pede!

 

Sering merasakan sensasi gatal yang cukup mengganggu di kulit kepala? Bisa jadi kamu mengalami masalah ketombe gatal. Penyebab ketombe gatal yang paling umum adalah akibat menumpuknya kotoran, debu, sel kulit mati, dan juga minyak berlebih dan menyumbat folikel di kulit kepala. Bila tidak segera ditangani, kondisi inilah akan membuat kulit kepala terasa sangat gatal, muncul iritasi, dan sukses bikin kamu menjadi tidak percaya diri.

Apa itu Ketombe Gatal?

Tinggal di negara tropis dengan cuaca cukup panas dan lembap yang tinggi meningkatkan risiko yang lebih besar terjadi ketombe gatal. Paparan sinar matahari secara berlebihan bisa memicu kelenjar kulit untuk memproduksi keringat dan sebum (minyak) yang cukup banyak, termasuk di kulit kepala. 

Keringat tersebut lalu ‘terjebak’ dan mengendap di kulit kepala kemudian menyumbat folikel. Jika dibiarkan terus-menerus, kondisi ini bisa memicu perkembangan jamur Malassezia Globosa yang tidak terkontrol dan menyebabkan ketombe gatal.

Ketombe gatal adalah adanya serpihan kulit mati berwarna putih atau kuning di kulit kepala yang disertai rasa gatal luar biasa. Umumnya, serpihan ini akan dengan mudah terlihat di kepala dan sering berjatuhan ke bahu.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu 5 Manfaat Lemon untuk Rambut Indahmu di Sini!


Kenapa Ketombe Terasa Sangat Gatal?

Ketombe bisa menimbulkan sensasi gatal yang luar biasa akibat pertumbuhan jamur Malassezia Globosa yang meluas di kulit kepala. Sensasi rasa gatal ini yang bikin kita ingin menggaruk kepala sebagai cara mengatasi ketombe gatal yang paling cepat. Namun, ternyata cara yang satu ini bukanlah solusi yang tepat, loh. Alih-alih mengatasi rasa gatal, kebiasaan ini justru malah bisa menimbulkan luka iritasi, memperburuk ketombe, hingga menyebabkan kerontokan rambut yang parah. 

Oleh karena itu, jika ada yang bertanya ‘apakah ketombe tidak boleh digaruk?’ maka jawabannya tentu sebaiknya tidak. Lantas, bagaimana cara mengatasi ketombe gatal yang paling efektif untuk dilakukan, ya?

Baca juga: Rekomendasi Shampo Anti ketombe Terbaik untuk Hijaber

5 Penyebab Ketombe Gatal dan Faktor Risikonya

Sebelum mengetahui cara mengatasi ketombe gatal yang tepat, yuk simak beberapa penyebabnya berikut ini!

1. Infeksi jamur Malassezia Globosa yang tidak terkontrol

Perkembangan jamur Malassezia Globosa merupakan penyebab ketombe gatal yang paling umum. Jenis jamur yang satu akan berkembang dengan lebih cepat saat kulit kepala tidak terpapar sinar matahari.

2. Stres Berkepanjangan

Stres berkepanjangan bisa menurunkan tingkat kekebalan tubuh manusia. Saat hal ini terjadi, tubuh akan kesulitan untuk melawan jamur Malassezia Globosa, sehingga pertumbuhan jamur menjadi tidak terkendali dan menghasilkan ketombe gatal.

3. Penggunaan inner hijab yang tidak menyerap keringat

Perhatikan pemilihan bahan inner. Pasalnya, inner hijab dengan bahan yang tidak mudah menyerap keringat bisa memicu perkembangan jamur penyebab ketombe, membuat rambut terasa lepek, dan berujung pada ketombe gatal.

4. Penggunaan inner hijab yang berulang

Penggunaan inner secara berulang juga bisa memicu timbulnya ketombe gatal karena banyak kotoran, debu, serta sebum yang menempel pada inner. Selain itu, bau apek juga mengintai pada penggunaan inner hijab secara berulang.

5. Tidur di bantal yang kotor

Penggunaan bantal kotor ditambah tidur dalam kondisi rambut basah dapat memicu ketombe dan rambut apek dan lepek keesokan harinya.

5 Cara Mengatasi Ketombe Gatal

Saat kulit kepala gatal akibat serangan ketombe, segera lakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya!

1. Tidak berbagi handuk, alat mandi, sisir, dan aksesoris kepala

Jamur penyebab ketombe bisa menular lewat handuk, sisir, dan aksesoris kepala. Untuk itu, pastikan untuk tidak berbagi alat mandi maupun aksesoris kepala dengan orang lain, terutama yang memiliki masalah ketombe, ya. Khusus untuk hijabers, pastikan untuk rutin mengganti inner hijab agar terbebas dari ketombe gatal dan juga bau rambut yang apek.

2. Olahraga rutin

Selain dapat mengurangi stress, olahraga secara rutin minimal 30 menit setiap harinya mampu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Dengan demikian, aliran oksigen jadi lancar, termasuk bagi kulit kepala. Hal inilah yang nantinya bisa memicu folikel rambut untuk memperbaiki sel yang rusak, ampuh mengurangi pertumbuhan ketombe di kulit kepala, sekaligus memproduksi rambut yang lebih kuat.

Baca juga: Jenis-Jenis Ketombe & Manfaat Sunsilk Hijab Anti Dandruff

3. Mengonsumsi makanan bernutrisi

Cara mengatasi ketombe gatal selanjutnya adalah mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin B3, protein, dan antioksidan untuk membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Lengkapi dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan senyawa antifungal seperti pisang, alpukat, jahe, dan bawang putih. 

4. Menggunakan produk shampo yang efektif mengatasi ketombe gatal

Khusus hijabers yang punya masalah ketombe gatal, segera lakukan juga perawatan rambut secara rutin di rumah, dimulai dengan keramas menggunakan produk shampoo anti ketombe yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rambut, seperti Shampo Sunsilk Anti Ketombe & Menthol Dingin.

Dibuat dengan formula 100% Natural Active-Infusion yang terdiri dari campuran bahan alami seperti buah tin yang menutrisi, lemon yang menyegarkan, dan juga mint yang memberikan sensasi dingin di dalamnya membuat Shampo Sunsilk Anti Ketombe & Menthol Dingin dipercaya mampu memberikan perlindungan dari ketombe gatal dengan sensasi dingin dan segar seketika.

Bahkan, dengan melakukan perawatan rambut menggunakan Sunsilk Anti Ketombe & Menthol Dingin secara rutin, rambut kamu pun akan lebih harum sepanjang hari loh, Sis! 

5. Membilas Rambut Hingga Bersih Setelah Keramas

Tak cukup hanya dengan mencuci rambut menggunakan Shampo Sunsilk Anti Ketombe & Menthol Dingin secara rutin, pastikan juga untuk membilasnya hingga bersih setelah keramas, ya. Tujuannya adalah agar tidak ada sisa shampo yang menempel di kulit kepala dan memicu ketombe yang menyebabkan rasa gatal di kepala.

Yuk, segera hindari beberapa penyebab ketombe gatal dan lakukan perawatan rambut di rumah dengan keramas menggunakan Shampo Sunsilk Anti Ketombe & Menthol Dingin secara rutin. Tak perlu bingung, karena kamu bisa mendapatkan produknya dengan cara membelinya secara langsung di merchant terdekat maupun secara online di marketplace favorit. Sekarang tak perlu takut lagi ketombe gatal membandel, rambut lepek, dan bau apek, deh!