Skip to content
Cara Mengatasi Rambut Hijab Berketombe dengan Sunsilk Anti Ketombe

Cara Mengatasi Rambut Hijab Berketombe dengan Sunsilk Anti Ketombe

Bebas dari serpihan putih

 

Pernahkah kamu berada di meeting penting dan tiba-tiba muncul rasa gatal di kulit kepala yang bikin kamu terus menggaruk? Hati-hati sebab kondisi ini bisa jadi pertanda kamu mengalami ketombe.

Serpihan putih yang tidak diinginkan ini muncul di kulit kepala tanpa diundang khususnya bagi para pengguna hijab. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh kondisi kepala yang tertutup kain hijab sepanjang hari. 

Makanya, setiap wanita yang memakai hijab, perlu melakukan perawatan ekstra pada rambut sebab jika tidak, rambut jadi lebih rentan berketombe.

Nah, untuk kamu yang sedang mengalami masalah rambut yang satu ini, shampo Sunsilk Anti Ketombe bisa jadi solusi. Namun, sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya jika kamu paham terlebih dahulu mengenai jenis-jenis ketombe yang biasa terjadi dan cari tahu bagaimana cara mengurangi ketombe pada rambut berikut ini!

Ketombe yang Disebabkan oleh Kulit Kepala Berminyak

Sebum adalah minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar sebasea untuk melembapkan rambut dan kulit, melindunginya jadi kering, juga mencegah tanda penuaan. Namun, produksi sebum yang berlebihan (karena pubertas, kehamilan, stres, dan keramas yang tidak teratur) yang kemudian bercampur dengan kotoran dan sel kulit mati, dapat menimbulkan ketombe pada kulit kepala. Pada jenis ini, bentuk ketombe akan terlihat seperti serpihan kekuningan pada kulit kepala, muncul rasa gatal, dan rambut yang berminyak.

Ketombe yang Disebabkan Oleh Jamur

Jenis ketombe yang kedua adalah ketombe yang diakibatkan oleh jamur malassezia globosa. Jamur malassezia globosa ini pada dasarnya memproduksi asam oleat yang meningkatkan pergantian sel kulit rambut. 

Infeksi jamur inilah yang kemudian menyebabkan kulit kepala jadi berketombe, terlebih saat kulit kepala sedang dalam kondisi berminyak atau adanya ketidakseimbangan pH. Untuk memastikannya, ketombe yang disebabkan oleh infeksi jamur ini terlihat putih-kekuningan dan akan disertai rasa gatal.

Ketombe yang Disebabkan Kulit Kepala Kering

Siapa bilang ketombe hanya dapat disebabkan oleh jamur dan kulit kepala yang berminyak? Ternyata, ketombe juga bisa muncul pada orang memiliki kulit kepala terlalu kering, baik kering karena cuaca yang dingin maupun jarang keramas lho, Sis. Pemilik rambut keriting umumnya mengalami kulit kepala yang lebih kering ketimbang jenis rambut lainnya. 

Selain itu, penggunaan sampo dengan kandungan sulfat yang tinggi juga dapat menyebabkan masalah ini. Untuk ketombe jenis ini, umumnya kulit kepala akan terasa ketat dan serpihan putih berbentuk bulat dan kecil jatuh dari kepala.

Ketombe Karena Sisa Produk Pada Kulit Kepala dan Rambut

Selain jenis-jenis ketombe di atas, ketombe akibat penumpukan produk rambut ini adalah salah satu hal yang sering terjadi. Apalagi kalau kamu sering terburu-buru membilas rambut ketika keramas. Pasalnya, kalau proses pembilasan rambut tidak bersih, maka sisa produk rambut dan kotoran akan menumpuk di atas permukaan kulit kepala. 

Jika hal itu terjadi, maka kotoran yang ada di rambut akan bercampur dengan sel kulit mati, sehingga membentuk ketombe yang dapat mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Tidak hanya itu, ketombe ini juga bisa menjadi pangkal dari kerontokan rambut di kemudian hari. 

Nah, itulah jenis-jenis ketombe yang umumnya dialami para pengguna hijab. Tapi jangan lantas menyalahkan hijab sebagai penyebab ketombenya, ya. Karena, masalah ketombe pada perempuan yang menggunakan hijab dapat diatasi dengan cara yang sederhana seperti berikut ini:

Keringkan Rambut Sebelum Pakai Hijab

Salah satu kunci penting dalam cara mengatasi ketombe dapat dilakukan dengan memastikan rambut telah benar-benar kering sebelum ditutup dengan hijab. Mengenakan hijab saat rambut masih dalam keadaan basah atau lembap akan mengundang datangnya ketombe. Sebaiknya gunakan alat pengering rambut bila benar-benar terpaksa. Namun, sebaiknya kontrol tingkat suhunya, ya.

Pemilihan Bahan Hijab

Bahan hijab juga berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Pastikan kamu menggunakan hijab dengan bahan yang adem dan memungkinkan rambut tetap dapat bernapas. Selain itu, pastikan kamu selalu menjaga kebersihan hijab, sebab hijab yang kotor juga bisa memicu penumpukan kotoran di kepala yang menyebabkan ketombe.

Keramas dengan Teratur

Cara mengatasi ketombe selanjutnya adalah dengan lebih rajin keramas secara teratur. Kebiasaan malas membersihkan rambut dapat membuat banyak kotoran menumpuk pada kulit kepala. Hal ini dapat mengakibatkan debu, minyak, dan keringat bercampur menjadi satu, sehingga timbulah ketombe membandel yang tidak diinginkan. Salah satu cara mengatasi ketombe yang sederhana untuk dilakukan adalah dengan keramas secara rutin, yaitu dua hari sekali. Agar ketombe tidak bertambah parah, mulailah rutin keramas minimal seminggu 3 hingga 4 kali. Sebaiknya gunakan shampo anti ketombe juga ya, Sis. 

Kamu harus cermat dalam memilih produk shampo yang tepat untuk merawat kebersihan dan kesehatan rambut supaya terhindar dari ketombe! Salah satu produk yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Sunsilk anti ketombe. Apa sih, keistimewaan produk yang satu ini? Yuk, intip manfaat shampo Sunsilk Hijab Refresh & Anti Dandruff berikut ini!

Memberikan Sensasi Keharuman Hingga 48 Jam

Sunsilk anti ketombe ini memiliki teknologi Perfume Touch yang berupa invisible beads atau butiran parfum yang akan pecah saat menyentuh batang rambut. Hal inilah yang akan memberikan sensasi keharuman segar hingga 48 jam. Sehingga, kamu jadi bebas beraktivitas seharian tanpa takut bau apek karena mendapatkan manfaat shampo Sunsilk hijab yang satu ini!

Menutrisi Rambut

Manfaat dari kandungan buah tin yang ada pada Sunsilk Hijab Refresh & Anti Dandruff  ternyata nggak main-main lho, Sis! Buah tin dipercaya dapat menguatkan akar rambut sekaligus merangsang pertumbuhan rambut baru dan mencegah rambut menjadi kering. Sebagai kesimpulan, manfaat shampo Sunsilk hijab yang memiliki kandungan buah tin ini sangat bagus untuk menutrisi rambutmu, karena buah tin memiliki berbagai zat-zat yang menyehatkan, seperti: tembaga, selenium, magnesium, kalsium, serta vitamin B dan C.

Sensasi Segar dan Dingin Seharian

Beraktivitas dengan menggunakan hijab seharian tentu saja bisa membuat kulit kepalamu jadi cepat berkeringat dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Tapi, nggak perlu khawatir! Selain mengandung ekstrak buah tin, Sunsilk Hijab Refresh & Anti Dandruff  juga mengandung peppermint dan micellar ice yang bisa memberi sensasi segar dan dingin seketika pada kulit kepala. 

Melindungi Kulit Kepala dari Ketombe

Ketombe merupakan salah satu masalah yang sering dijumpai oleh perempuan berhijab. Meskipun ketombe tidak terlihat karena kamu menggunakan hijab, bukan berarti ketombe menjadi masalah yang tidak perlu diselesaikan. Rasa gatal dan bau apek yang muncul saat mengalami ketombe juga bisa menimbulkan rasa risih yang mengganggu aktivitasmu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan shampo yang diformulasikan sesuai dengan kebutuhan wanita berhijab, seperti Sunsilk Hijab Refresh & Anti Dandruff yang mampu membuat rambut terbebas dari gatal. Selain mengandung buah tin, kamu juga bisa mendapatkan manfaat jeruk nipis untuk rambut dari shampo Sunsilk anti ketombe ini!

Itulah manfaat shampo Sunsilk hijab yang perlu Kamu ketahui. Dengan kandungan peppermint, buah tin, jeruk nipis, dan micellar ice, shampo ini akan merawat rambutmu agar terhindar dari ketombe, bebas gatal, memberikan sensasi dingin dan segar seketika, serta keharuman hingga 48 jam!

Itulah beberapa cara mengatasi rambut hijab berketombe dengan bahan alami yang terkandung dalam Sunsilk Hijab Refresh & Anti Dandruff yang bisa kamu coba. Say goodbye to rambut hijab berketombe, jadi makin percaya diri dengan rambut bebas gatal,harum dan segar sepanjang hari!