Skip to content
Rekomendasi Sampo yang Bisa Digunakan Sehari-hari

3 Penyebab Ketombe pada Hijaber

dan Rekomendasi Sampo yang Bisa Digunakan Sehari-hari

Masalah utama rambut perempuan berhijab adalah ketombe. Belum lagi rasa gatal yang sangat mengganggu. Duh, bikin enggak pede apalagi saat kamu sedang berolahraga atau berkegiatan di luar misalnya.

Ketombe yang muncul pada perempuan berhijab disebabkan oleh kondisi kepala yang tertutup seharian. Kondisi ini diperparah dengan dengan kondisi kulit kepala yang berminyak, hingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Jika masalah rambut berketombe ini dibiarkan malah bisa menimbulkan masalah rambut yang lain lho seperti rambut lepek dan rontok. Tidak mau kan mahkotamu mengalami masalah-masalah tersebut dan jadi halangi aktivitasmu?

Untuk membantumu mengatasi hal ini, berikut penjelasan apa saja penyebab ketombe pada hijaber dan juga rekomendasi sampo anti ketombe yang bisa digunakan sehari-hari.

  • 1

    Jarang Keramas dan Rambut Jarang Disisir 

    Ayo ngaku buat kamu para hijaber, berapa kali dalam seminggu kamu keramas dan berapa kali dalam sehari menyisir rambut? Apalagi kalau kamu lagi banyak aktivitas, pasti untuk urusan menyisir rambut saja jadi tidak sempat atau melakukannya secara asal.

    Tak jarang orang yang menggunakan hijab jadi lebih malas keramas dan menyisir rambut karena anggapan jika rambutnya tertutup kerudung. Sebenarnya keramas secara rutin dan menyisir setiap hari juga perlu dilakukan demi menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

    Jika kamu jarang keramas tampilan rambut jadi mudah lepek, muncul ketombe akibat tumpukan minyak dan keringat serta bau. Sementara, menyisir rambut bisa bantu memperlancar peredaran darah yang ada di sekitar kepala dan menghilangkan kotoran yang menempel pada rambut dan kulit kepala. 

  • 2

    Menguncir Rambut saat Kondisinya Masih Basah & Bahan Hijab yang Salah

    Saat sedang terburu-buru, setelah keramas perempuan berhijab tidak sempat mengeringkan rambutnya. Jadi langsung menguncir dan menggunakan hijab. Padahal kebiasaan ini malah akan memunculkan ketombe.

    Menggunakan bahan inner dan hijab yang salah juga akan memicu ketombe pada rambut, nih Sis! Baiknya pilih bahan yang nyaman dan dapat menyerap keringat, pilih inner yang tidak ketat. Jangan lupa juga untuk memerhatikan kebersihan hijab. Kerudung yang kotor bisa membuat kotoran jadi muncul di kepala dan memicu ketombe.

  • 3

    Stres Berlebih

    Bila kamu sedang memikirkan banyak hal seperti urusan sekolah atau kuliah hingga membuat stres, hati-hati ya karena dampaknya bukan hanya untuk kesehatan tubuh tapi juga rambut. Stres malah membuat ketombe jadi lebih parah. Memang apa sih hubungan stres dengan ketombe?

    Stres yang terjadi secara berlebihan dan sering bisa mengubah hormon, khususnya produksi hormon kortisol. Saat sedang stres hormon ini akan meningkat sehingga membuat kulit menghasilkan banyak minyak, salah satunya di kulit kepala.

 

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan sampo anti ketombe yang menggunakan bahan-bahan alami. Sampo yang bisa kamu pilih adalah Sunsilk Hijab Refresh & Anti Dandruff. Di dalam sampo anti ketombe ini terdapat kandungan peppermint, fig, dan micellar ice yang mampu memberikan sensasi dingin dan keharuman segar hingga 48 jam. Tak hanya itu, bisa lindungi dan kurangi ketombe dari rambut untuk perempuan berhijab.

Sudah tahu kan sampo anti ketombe yang bisa kamu gunakan sehari-hari? Kamu jadi bisa melakukan aktivitas harian tanpa rasa worry. Semangat, Sis!

Gabung ke diskusi kami