Skip to content
Kebiasaan yang Bikin Ketombe Makin Parah & Rekomendasi Shampo Hijab

Kebiasaan yang Bikin Ketombe Makin Parah & Rekomendasi Shampo Hijab

Hindari Beberapa Kebiasaan Ini

 

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab ketombe, misalnya muncul jamur di kulit kepala. Namun ternyata, kebiasaan yang dilakukan sehari-hari juga dapat membuat ketombe semakin parah dan mempengaruhi kepercayaan dirimu.

Kira-kira apa ya kebiasaan yang bisa membuat rambut hijaber jadi makin berketombe? Simak juga rekomendasi shampo Sunsilk Hijab Recharge Refresh & Anti Dandruff yang bisa kamu gunakan sehari-hari!

Konsumsi Makanan yang Tidak Sehat

Kebiasaan pertama yang bisa memperparah ketombe adalah konsumsi makanan yang mengandung ragi seperti roti dan wine. Pasalnya, makanan ini dianggap memicu pertumbuhan jamur. Makanan tinggi lemak seperti gula, kafein, dan produk turunan susu juga sebaiknya tidak dikonsumsi.

Gula dan karbohidrat sederhana dapat meningkatkan peradangan pada kulit dan menyebabkan produksi minyak berlebih. Sementara kafein bila dikonsumsi secara berlebihan juga akan membuat ketombe semakin menumpuk. Hal ini disebabkan oleh sifat dari kafein di minuman berenergi, soda, kopi, atau teh cukup diuretik sehingga akan membuat tubuh jadi sering mengeluarkan air. Akibatnya, kulit tubuh termasuk kulit kepala jadi lebih kering. 

Untuk produk turunan susu, cenderung sulit dicerna oleh usus, sehingga dapat menyebabkan peradangan tubuh dan salah satu akibatnya bisa memicu timbulnya ketombe. Oleh sebab itu, produk turunan susu dapat memperparah masalah ketombe yang kamu alami. 

Makanan berpengaruh pada kesehatan rambut dan kulit kepala. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan biotin, lemak sehat, dan zinc. Kandungan-kandungan tersebut bagus untuk membuat kulit kepala dan rambut lebih sehat serta terhindar dari ketombe. 

Selain memperhatikan apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi, pastikan cukupi cairan di dalam tubuh agar tetap terhidrasi. 

Baca juga: 3 Penyebab Ketombe Pada Hijaber dan Rekomendasi Sampo yang Bisa Digunakan Sehari-Hari

Menggunakan Produk Rambut yang Berlebihan

Ada sebagian orang yang suka menggunakan produk perawatan rambut seperti shampo, conditioner, hair spray, atau lainnya secara berlebihan. Beberapa alasannya karena mungkin suka dengan aroma produk tersebut, percaya bila menggunakan produk dengan banyak bisa bikin tatanan rambut tahan lama, dan lainnya. Namun, bila terlalu banyak menggunakan produk yang terdapat bahan kimia justru dapat merusak kulit kepala dan folikel rambut. 

Sering Gonta-Ganti Shampo 

Kebiasaan mengganti berbagai macam merek shampo tidak dianjurkan karena bakal memicu masalah pada kulit kepala. Kulit kepala jadi akan sulit beradaptasi dengan produk shampo yang kamu gunakan. Efek sampingnya bisa memperparah kondisi ketombe bahkan memicu rambut rontok.

Sering Stres Berkepanjangan

Stres bukan hanya berdampak pada kesehatan tubuh, namun bisa membuat ketombe yang ada di kulit kepalamu jadi semakin parah. Ketika sedang mengalami stres yang berlebihan, akan membuat imun tubuh jadi lemah, sehingga tubuh jadi tidak mampu melawan iritasi yang terjadi di kulit kepala. 

Untuk menghadapi ini ada baiknya jika kamu belajar mengelola stres secara baik. Caranya bisa dengan relaksasi, liburan, cerita dengan orang yang kamu percaya, memasak makanan kesukaan, atau melakukan hal-hal yang kamu sukai.

Menganggap Ketombe Bisa Hilang dengan Sendirinya

Ketombe memang bukanlah masalah yang sangat serius. Makanya tidak jarang orang menganggapnya hal yang biasa dan tidak melakukan perawatan khusus. Padahal, ketombe bila tidak diatasi secara tepat bisa menyebabkan masalah kulit kepala dan rambut yang lebih parah, misalnya gatal pada area kulit kepala yang berketombe, kulit kepala terasa bersisik, hingga muncul ruam kemerahan di kulit kepala

Tidak Keramas dengan Benar & Sering Menunda Keramas

Kebiasaan seperti keramas terburu-buru, sehingga membuat kamu jadi tidak menggosok kulit kepala secara menyeluruh menjadi salah satu kesalahan saat keramas.  Selain itu, kurang bersih saat membilas kulit kepala dan rambut, sehingga masih ada sisa shampo juga akan memperparah kondisi ketombe. Belum lagi kebiasaan mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya menggunakan handuk dengan gerakan yang terlalu kencang. Kebiasaan ini bisa menyebabkan kulit kepala mengelupas dan sebum yang muncul jadi lebih banyak. 

Sebaliknya, sering menunda keramas juga akan menimbulkan minyak, sel-sel kulit mati di kulit kepala dan rambut jadi menumpuk. Akibatnya jamur penyebab ketombe akan semakin aktif. 

Solusi Praktis dengan Menggunakan Sunsilk Hijab Refresh & Anti Dandruff

shampo sunsilk hijab anti ketombe

Salah satu solusi ketombe parah adalah dengan menggunakan rekomendasi shampo hijab berupa shampo anti ketombe untuk hijab. Shampo Sunsilk hijab anti ketombe yang bernama Sunsilk Hijab Refresh & Anti Dandruff bisa jadi pilihan tepat. Agar maksimal, gunakan shampo anti ketombe untuk hijab ini secara rutin dan jauhi kebiasaan-kebiasaan buruk di atas. 

Keunggulan dari shampo Sunsilk hijab anti ketombe Sunsilk Hijab Refresh & Anti Dandruff Shampoo bukan hanya mengurangi dan melindungi rambutmu dari ketombe yang menyebabkan gatal, tetapi juga memberikan sensasi dingin dan segar seketika serta keharuman 48 jam.

Semua khasiat ini diperoleh dari kandungan buah fig (tin), peppermint & micellar ice. Sunsilk hijab anti ketombe ini bisa kamu beli sesuai dengan kebutuhanmu karena tersedia dalam beberapa ukuran di antaranya 70ml, 170ml, dan 320ml.

Sampai sini, sudah tahu ‘kan harus memilih rekomendasi shampo hijab yang mana?

Baca juga: 2 Pilihan Shampo Sunsilk Anti Ketombe dan Rambut Rontok untuk Hijaber

YUK FOLLOW SUNSILK