Skip to content
conditioner rambut

Conditioner untuk Rambut 101: Manfaat, Cara, dan Rekomendasi

Buat Rambutmu Lebih Berkilau dengan Conditioner

 

Tidak seperti shampo, conditioner rambut sering kali terabaikan pemakaiannya. Padahal, rambut juga dapat mengalami kerusakan bila perawatan rambutmu tidak dilakukan dengan baik dan hanya mengandalkan shampo saja. Maka dari itu, rambut juga perlu diberikan perawatan tambahan, salah satunya dengan penggunaan conditioner untuk rambut secara teratur.

Masalah-masalah seperti ketombe, kerontokan, rambut kering, dan bercabang dapat terjadi pada rambut yang tidak terjaga kelembapannya. Salah satu cara terbaik untuk menjaga kelembapan rambut adalah dengan penggunaan conditioner.

Perbedaan shampo dan conditioner

Shampo dan conditioner khusus rambut merupakan dua produk perawatan yang berbeda baik dari fungsi maupun cara pemakaiannya. Shampo punya fungsi utama untuk membersihkan rambut dan kulit kepala, meski sekarang manfaat shampo sudah berkembang dengan penggunaan berbagai kandungan untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala kamu.

Baca Juga: Conditioner untuk Rambut Kering dan Mengembang

Sedangkan conditioner adalah penunjang rangkaian perawatan rambut. Fungsi utama conditioner adalah melembapkan rambut. Ketika kita keramas menggunakan shampo, minyak-minyak alami dalam kulit kepala dapat ikut terangkat dan berpotensi menjadikannya kering. Oleh sebab itu, kita perlu menggunakan conditioner setelah keramas dengan shampo untuk menjadikannya kembali lembap.

Manfaat conditioner khusus rambut

Kamu tau gak, Sis, kalau banyak masalah kerusakan yang terjadi pada rambut itu disebabkan oleh kurangnya kelembapan pada kulit kepala & rambut? Misalnya seperti kerontokan dan rambut bercabang.

Nah, dengan penggunaan conditioner, kelembapan rambut akan terjaga dan masalah kerusakan pun dapat dihindari serta teratasi. Selain itu, conditioner juga dapat menghaluskan serta melembutkan rambut sehingga tidak kusut saat disisir.

Cara penggunaan conditioner untuk rambut

Cara penggunaan conditioner pada dasarnya sangat mudah loh, Sis. Yuk, simak tips dan cara penggunaan conditioner agar kamu bisa dapat manfaat yang maksimal!

  1. Gunakan conditioner setelah keramas. Keramas bisa menghilangkan kotoran dan minyak berlebih pada rambut. Sehingga berbagai kandungan vitamin dan mineral pada conditioner akan menyerap lebih mudah ke rambut kamu yang sudah bersih.
  2. Kurangi air pada rambut setelah keramas. Sebelum mengaplikasikan conditioner ke rambut kamu, sebaiknya kamu meremas rambut terlebih dahulu untuk mengurangi sisa air pada rambut. Hal tersebut berfungsi agar conditioner tidak larut dalam air sehingga bisa meresap dengan baik pada tiap helai rambut kamu.
  3. Gunakan conditioner untuk rambut secukupnya. Meski fungsinya untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut, kamu tidak perlu menggunakan conditioner terlalu banyak. Sesuaikan dengan volume dan panjang rambut kamu.
  4. Hindari menggunakan conditioner pada kulit kepala. Mungkin kamu belum tahu nih, ternyata kulit kepala kamu akan menghasilkan minyak berlebih jika kamu mengusap conditioner pada kulit kepala. Minyak berlebih pada kulit kepala dapat menyebabkan rambut lepek dan memicu munculnya ketombe loh, Sis! Jadi, gunakan conditioner hanya pada batang hingga ujung rambut ya!
  5. Gunakan sisir. Salah satu hal yang sering terlewat saat menggunakan conditioner adalah meratakannya secara menyeluruh di rambut dengan tangan secara langsung. Gunakanlah sisir untuk meratakan conditioner agar tiap helai rambut mendapatkan manfaatnya secara merata.
  6. Diamkan sejenak. Jangan terburu-buru membilas conditioner yang sudah diratakan. Kamu perlu mendiamkannya beberapa menit agar vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam conditioner bisa lebih meresap dalam tiap helai rambut.
  7. Bilas hingga bersih. Pastikan kamu membilas conditioner hingga benar-benar bersih dan hindari menggunakan air hangat. Menggunakan air hangat untuk membilas conditioner dapat mengurangi kilau rambut setelah kering nanti.

Itu tadi cara menggunakan conditioner dengan tepat. Jadi, jangan sampai salah ya, Sis!

Rekomendasi conditioner untuk rambut dari Sunsilk dan berbagai manfaatnya

Karena sudah tahu manfaat dan cara pakai conditioner dengan benar, yuk pilih conditioner yang tepat untuk kondisi rambut kamu. Sunsilk punya berbagai macam produk conditioner dengan manfaat masing-masing yang dapat disesuaikan dengan setiap masalah rambutmu, simak dibawah ya:

  1. Sunsilk Thick & Long Conditioner Smoothies. Mengandung Biotin dan Aloe vera yang mampu menjadikan rambut 2x lebih tebal dan panjang serta harum tahan lama hingga 48 jam dengan teknologi perfume touch.
  2. Sunsilk Black Shine Activ-Infusion Conditioner Smoothies dengan teknologi mudah dibilas mengandung urang aring dan oil yang dikenal mampu menutrisi, menguatkan, dan meningkatkan kilau hitam rambut, Collagen mampu melembapkan dan menguatkan rambut; serta beri dengan vitamin C bisa menyegarkan dan melembutkan rambut sekaligus. Conditioner ini juga dapat memberikan keharuman tahan lama pada rambutmu, lho.
  3. Sunsilk Soft & Smooth Activ-Infusion Conditioner Smoothies. Mengandung formula Activ-Infusion, yaitu: Argan oil, soy milk protein, dan alpukat dengan vitamin E dapat melembutkan rambut, menghidrasi rambut, membuat rambut lebih halus,  serta bikin rambut harum tahan lama hingga 48 jam dengan teknologi perfume touch. Dengan teknologi mudah dibilas menjadikan conditioner ini tidak memerlukan begitu banyak air untuk membilasnya hingga bersih.

Itu dia manfaat, perbedaan shampo dan conditioner, sampai rekomendasi produk conditioner untuk perawatan rambut kamu yang lebih optimal! Jadi, jangan sampai kamu melewatkan rutinitas yang satu ini, ya! Selamat mencoba, Sis~