Skip to content
yang Membuat Rambut Tebal

Beralih Ke Shampoo Alami dan Natural, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui

Manfaat Shampoo Berbahan Alami dan Natural

 

Sist, selalu bingung harus memilih shampoo saat belanja bulanan, apakah harus memilih shampoo alami dan natural atau shampoo dengan jenis lainnya? Kondisi rambut yang sering berubah-ubah memang membuat banyak orang merasa kebingungan harus memilih shampoo yang seperti apa.

Ditambah lagi dengan makin banyaknya jenis shampoo yang dijual di pasaran, mulai dari yang menawarkan solusi permasalahan rambut hingga yang menggunakan bahan alami atau pun natural.

Lihat Juga : Shampoo yang Membuat Rambut Halus

Beberapa tahun terakhir tren penggunan produk-produk yang lebih natural memang semakin populer. Produk-produk, seperti shampoo alami banyak digunakan dan sudah semakin mudah ditemui. Kamu mungkin berpikir untuk beralih ke shampoo berbahan natural yang beberapa tahun belakangan ini populer.

Jika jawabannya iya, kamu perlu loh Sist untuk memikirkan beberapa hal sebelum akhirnya beralih sepenuhnya ke shampoo alami. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk melakukan riset lebih jauh terlebih dahulu sebelum akhirnya menggunakan produk shampoo alami atau natural. Nah, sebelum benar-benar beralih yuk simak dulu hal-hal yang perlu diketahui soal shampoo alami.

Apa saja yang perlu kamu ketahui soal shampoo Alami?

Perbedaan paling mendasar dari shampoo alami dengan shamopo biasa terletak pada penggunaan bahan atau formulanya. Biasanya shampoo alami menggunakan bahan-bahan yang lebih eco-friendly yang aman digunakan untuk lingkungan dan kulit kepala juga rambut kita.

Tentu saja kegunaan dan manfaat shampoo alami ini mirip dengan shampoo pada umumnya. Hal lain yang perlu kamu ketahui adalah ada dua jenis  yang bisa kamu temui di pasaran. Pertama, shampoo dalam bentuk cairan seperti shampoo biasa. Kedua, shampoo dalam bentuk padat seperti sabun batangan.

Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum beralih ke shampoo alami?

Sebelum beralih ke shampoo berbahan alami, sebaiknya kamu memperhatikan 4 hal berikut ini:

Kebutuhan tiap jenis rambut berbeda

Seperti yang sudah dibahas di awal bahwa kebutuhan tiap jenis dan permasalahan rambut berbeda. Jadi, kamu juga perlu mengetahui apa yang paling dibutuhkan oleh rambutmu. 

Tipsnya jika rambutmu cenderung normal, pilih bahan yang kandungannya seimbang. Sedangkan untuk rambut berminyak, pilih formula ekstra yang bisa membersihkan kulit kepala. Bagaimana dengan rambut kering atau rusak? Hal yang kamu perlukan adalah formula atau bahan yang memiliki banyak kandungan melembapkan juga melembutkan.

Jumlah detergen pada shampoo

Detergen biasa digunakan dalam pembuatan shampoo ataupun sabun. Perbedaan paling mendasar inilah yang membuat shampoo alami dan natural menjadi pilihan banyak orang. Jumlah detergen yang digunakan dalam pembuatan shampoo alami dan natural biasanya sangat sedikit bahkan ada shampoo alami yang tidak menggunakan detergen sama sekali.

Kemampuan untuk membersihkan dan saat dibilas

Butuh beberapa hari sampai minggu kamu terbiasa menggunakan shampoo berbahan alami. Hal yang pasti kamu rasakan adalah saat membersihkan dan juga saat membilas. 

Busa yang dihasilkan tidak sama seperti shampoo biasa

Salah satu hal yang akan kamu alami ketika beralih ke shampoo alami dan natural adalah busa yang dihasilkan. Jika pada shampoo biasa kamu mendapatkan busa berlimpah, saat menggunakan shampoo natural busa yang dihasilkan lebih sedikit.

Empat hal inilah yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mengganti shampoo favoritmu. Apalagi kalau kamu memang cenderung menyukai shampoo yang menggunakan banyak busa. Kamu tetap bisa mendapatkan banyak busa dengan shampoo alami dan natural, caranya dengan menggunakan produk lebih banyak saat keramas.

Mitos shampoo berbahan alami yang membuat rambut kusut dan tidak lembut

Pernah mendengar mitos yang satu ini? Banyak yang berpendapat bahwa shampoo berbahan natural malah bisa membuat rambut sering kusut dan tidak lembut. Mitos ini sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Kenapa?

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kulit kepala dan rambut perlu waktu untuk menyesuaikan. Sama seperti saat menggunakan produk skincare baru, dalam beberapa hari atau minggu kamu akan melihat efeknya.

Rambut yang terasa lebih kering, kusut, dan tidak lembut biasanya hanya dialami di masa-masa awal peralihan. Tips untuk menghindari hal ini adalah dengan memilih shampoo yang menggunakan lebih banyak bahan alami dengan formula menghaluskan ataupun melembutkan.

Salah satu bahan alami yang sudah lama dipercaya dapat melembutkan dan menghaluskan adalah rice extract. Bahan alami yang satu ini memang lebih banyak digunakan di produk skincare, tapi shampoo Sunsilk terbaru menghadirkan rice extract yang dapat membantu menjaga rambut tetap halus plus lembut.

Sunsilk Super Shampoo Hello Lembut & Fleksibel adalah shampoo alami dan natural terbaru yang bantu menjaga kelembutan dan kehalusan ekstra. Formula hyaluronic dan juga rice extract bisa membuat rambutmu terasa 5x lebih lembut alami dan fleksibel. 

Yuk, beralih ke shampoo alami yang membuat rambut terasa lebih lembut dan halus! Sunsilk Super Shampoo Hello Lembut & Fleksibel sudah bisa kamu temui di toko, supermarket, ataupun minimarket favoritmu. Langsung keramas dengan shampoo terbaru Sunsilk Super Shampoo Hello Lembut & Fleksibel, pede sepanjang hari dengan gaya rambut apapun karena rambutmu terlihat lembut alami dan fleksibel!