Skip to content
cara membuat rambut tebal

Sis, Cek 7 Cara Membuat Rambut Tebal dan Panjang Berikut!

Buat Rambutmu Tebal dan Panjang untuk Keindahanmu!

 

Bagi wanita, memiliki rambut yang tipis dan mudah rontok tentu akan sangat menjengkelkan dan membuat kita merasa tidak nyaman, bukan? Meski tidak bisa menyebabkan kebotakan, namun penipisan rambut bisa membuat kulit kepala terlihat lebih jelas, sehingga bisa menurunkan rasa percaya diri, apalagi saat harus beraktivitas dan berinteraksi dengan orang lain. Jika tanda-tanda penipisan rambut sudah mulai terlihat, yuk simak cara membuat rambut tebal berikut ini!

3 Penyebab Utama Rambut Tipis, Termasuk di Usia Muda

Rambut tipis yang dimiliki seseorang bisa terjadi akibat adanya faktor keturunan dari keluarga maupun orang tuanya. Meski begitu, ada juga kondisi lain yang bisa memicu penipisan rambut menjadi lebih cepat, termasuk rambut tipis di usia muda. Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat rambut tebal dan panjang secara alami, yuk simak beberapa penyebab rambut tipis yang kamu alami berikut ini.

1. Mengabaikan kesehatan kulit kepala

Gaya hidup yang dijalani di usia muda terkadang membuat kita merasa terlena pada hal-hal instan. Contohnya adalah ketika kita memilih gaya rambut tanpa memerhatikan kesehatan kulit kepala dengan baik. Padahal, seiring bertambahnya usia, maka akan semakin berkurang juga jumlah pembuluh darah di kulit kepala kita. Kondisi ini tentu akan membuat folikel rambut kehilangan pasokan oksigen, sehingga tidak bisa memproduksi rambut yang sehat dan kuat.

2. Kekurangan protein dan vitamin D 

Bagi tubuh kita, asupan protein memiliki peranan yang cukup penting untuk mendukung regenerasi sel-sel tubuh yang baru, termasuk untuk mendukung pertumbuhan rambut kita. Saat tubuh kekurangan protein jenis keratin, maka pertumbuhan rambut akan terhambat dan rambut akan lebih mudah terlepas dari folikelnya, sehingga rambut lebih mudah rontok dan kesulitan untuk memproduksi rambut baru yang lebih kuat.

Selain kekurangan protein, rambut tipis di usia muda juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin D pada tubuh yang berperan untuk menstimulasi folikel rambut untuk memproduksi rambut yang kuat. Saat tubuh kekurangan vitamin D, maka pertumbuhan rambut untuk menggantikan rambut yang rontok akan terhambat. Jika hal ini dibiarkan secara terus-menerus, maka bisa menyebabkan rambut menjadi tipis.

3. Stres

Dilansir dari Hellosehat.com, stres yang tidak terkontrol juga bisa menjadi penyebab rambut tipis di usia muda. Pasalnya, saat stres tubuh menghasilkan hormon kortisol yang berlebihan. Hormon yang berlebihan inilah yang bisa membunuh rambut-rambut baru yang akan tumbuh dari folikel di kulit kepala.

7 Cara Membuat Rambut Tebal dan Panjang

Agar terbebas dari rambut tipis di usia muda dan bisa tampil lebih percaya diri, simak cara membuat rambut tebal dan panjang secara alami berikut ini.

1. Mengelola stres

Cara mengatasi penipisan rambut yang paling utama adalah dengan melakukan perawatan dari dalam, yaitu mengelola stres agar produksi hormon tetap seimbang. Meluangkan waktu untuk melakukan hobi atau melakukan hal-hal menyenangkan bersama orang terdekat bisa menjadi solusinya. 

2. Memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh

Untuk yang satu ini, pastikan kamu mengonsumsi makanan yang baik untuk menjaga kesehatan sekaligus mendukung pertumbuhan rambut, seperti omega 3, omega 6, vitamin D, vitamin E, protein, dan biotin. Selain sayuran hijau, buah-buahan, dan makanan yang tinggi protein seperti daging dan kacang-kacangan, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

3. Mengurangi penggunaan alat styling rambut

Rambut tipis di usia muda seringkali disebabkan oleh penggunaan cat rambut, alat styling rambut seperti alat catok untuk meluruskan rambut dan hair dryer untuk mengeringkan rambut yang basah. Gaya hidup inilah yang bisa menghilangkan minyak alami rambut, sehingga rambut menjadi kering, dan rusak, sehingga berakhir pada kerontokan. 

Jika terpaksa menggunakan alatnya, pastikan untuk menggunakan vitamin rambut sebelum menata rambut menggunakan alat catok atau hair dryer, ya.

4. Olahraga rutin

Memperbaiki human growth hormone (HGH) dengan cara berolahraga rutin minimal tiga kali seminggu juga bisa dilakukan untuk mengatasi penipisan rambut. Hormon yang diproduksi oleh otak inilah yang memperbaiki jaringan kulit kepala untuk merangsang pertumbuhan batang rambut yang lebih sehat dan kuat. 

5. Masker minyak kelapa

Cara membuat rambut tebal dan panjang secara alami yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan minyak kelapa yang dijadikan sebagai masker rambut. Kandungan protein di dalamnya efektif merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan, sehingga sangat cocok untuk mengatasi penipisan rambut yang kamu alami.

Jika tertarik untuk mencobanya, cukup aplikasikan minyak kelapa ke seluruh rambut dan kulit kepala sebelum keramas, diamkan selama 20 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan shampo seperti biasa. Selain merawat rambut rontok, cara yang satu ini juga bisa membantu membuat rambut kamu menjadi lebih lembut dan bersinar, loh!

6. Menggunakan shampo yang sesuai dengan permasalahan rambut

Setelah melakukan perawatan rambut menggunakan masker santan kelapa, cara membuat rambut tebal selanjutnya adalah dengan rutin membersihkan rambut dan kulit kepala menggunakan produk shampo yang sesuai dengan kebutuhan rambut, seperti Sunsilk Black Shine Activ-Infusion dilengkapi dengan kandungan bahan alami seperti berikut ini.

  • Ekstrak urang-aring + oil yang mampu menutrisi, menguatkan, dan meningkatkan kilau hitam rambut kamu. 
  • Collagen dengan kandungan asam amino (keratin) untuk merangsang folikel menghasilkan rambut yang kuat dan terjaga kelembapannya.
  • Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C yang berperan menyegarkan kulit kepala dan menjaga rambut agar tetap lembut.

7. Terapi pijat kepala

Cara mengatasi penipisan rambut akibat rambut rontok juga bisa dilakukan dengan terapi pijat kepala menggunakan minyak esensial setelah keramas. Tujuannya adalah untuk melancarkan aliran darah menuju kepala, sehingga kulit kepala mendapatkan oksigen serta nutrisi penting yang dibutuhkan oleh folikel rambut. 

Tak perlu ke salon, kamu juga bisa melakukan terapi pijat kepala sendiri dengan cara berikut ini:

  • Memijat menggunakan ujung jari kedua tangan, mulai dari bagian tepi pinggir rambut ke arah belakang atau tengah kepala. 
  • Memijat kembali ke arah belakang kepala dengan tekanan yang lembut dan konsisten.
  • Lakukan gerakan memijat ini selama lima menit dengan gerakan memutar setelah keramas.

Tak cukup hanya dengan keramas menggunakan Sunsilk Black Shine Activ-Infusion Shampoo, lengkapi juga perawatan rambut kamu dengan mengaplikasikan Sunsilk Black Shine Activ-Infusion Conditioner Smoothies setelahnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Agar rambut tebal, kuat, panjang, lembut, dan bebas lepek, yuk dapatkan rangkaian produk Sunsilk Black Shine Activ-Infusion Shampoo & Conditioner di merchant terdekat atau marketplace favorit kamu sekarang juga!