Skip to content
Cara Membuat Rambut Bervolume & Tidak Lepek Sebelum Beraktivitas bagi Hijaber

6 Cara Membuat Rambut Bervolume Agar Tidak Lepek Bagi Hijabers

Buat Rambut Bervolume dan Terhindar Dari Lepek

 

Permasalahan kebanyakan perempuan berhijab salah satunya rambut lepek tidak bervolume. Kondisi ini bisa disebabkan karena perawatan yang tidak tepat dan kebiasaan menata rambut setiap hari yang salah.

Apalagi tinggal di negara tropis dan aktif melakukan kegiatan di luar yang mudah bikin keringatan. Kalau tidak cepat diatasi bisa-bisa kamu jadi kurang semangat jalani hari. Jangan sampai masalah rambut ini halangi percaya diri kamu, ya. Terus gimana dong cara membuat rambut bervolume agar tidak lepek? Yuk simak informasi di bawah ini sampai habis ya. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Nutrisi yang Berfungsi Sebagai Vitamin untuk Rambut

Penyebab dan Ciri-ciri Rambut Lepek

Seperti apa sih rambut lepek? Ciri-ciri rambut lepek dan kemunculannya biasanya disebabkan oleh akar rambut yang melemah karena dibebani oleh batang rambut yang berminyak atau rambut lepek karena berhijab. Hasilnya, membuat kulit kepala dan rambut jadi lebih lengket.

Tapi Sis, ada lho penyebab rambut lepek yang sering tidak kita sadari karena kebiasaan. Hal utama yang menjadi penyebab rambut lepek adalah tidak mengetahui jenis, kondisi, dan permasalahannya. Jika tidak mengetahui ketiga hal ini, kemungkinan besar kamu akan menggunakan produk perawatan rambut yang salah.

Kebiasaan lain yang pasti pernah kamu lakukan adalah keramas terlalu sering, kurang bersih saat membilas shampo serta conditioner, jarang mencuci sisir, dan keramas dengan air terlalu panas. Buat kamu hijaber, kebiasaan menunda-nunda keramas juga menjadi penyebab utama rambut terasa dan terlihat lepek. 

Baca juga: Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Kering dan Kusam di Sini!

Biasanya rambut lepek ini dibarengi dengan aroma yang tidak sedap dan tentu bisa memengaruhi tampilanmu. Selain bau ada beberapa ciri rambut lepek yang perlu kamu ketahui:

  • Tampilan rambut menjadi tipis dan tidak bervolume
  •  Kulit kepala berminyak
  • Terasa kaku
  • Sulit diatur

Cara Agar Rambut Tidak Lepek Secara Alami

Bagaimana cara agar rambut tidak lepek akan tetapi bervolume secara alami? ternyata tidak sulit mengatasi rambut lepek. Dengan cara sederhana kamu bisa mendapatkan rambut yang tidak lepek dan berminyak. Yuk, coba lakukan hal ini!

  • Taburkan bedak bayi. Tips yang satu ini terbukti ampuh mengusir lepek secara instan, tapi jangan lupa keramas ya setelah seharian melakukan tips ini.
  • Keramas dengan air hangat. Suhu panas yang berlebih bisa menyebabkan lepek, menggunakan air hangat suam kuku adalah cara terbaik mengatasi lepek dan menghilangkan minyak berlebih di kulit kepala.
  • Potong rambut! Jangan biarkan rambutmu terlalu panjang karena bisa menyebabkan terlihat lepek dan tidak sehat.
  • Jangan ikat rambut saat basah. Saat sedang buru-buru mungkin kamu melakukan hal ini, mulai sekarang hentikan kebiasaan ini ya Sis!
  • Keringkan rambut sebelum tidur. Pasti kamu pernah melakukan hal yang satu ini, perlu kamu ketahui rambut lembab yang dibawa tidur bisa merusak folikel rambut dan membuatnya menjadi lepek.
  • Tidak mengikat rambut terlalu kencang. Soalnya, bisa memicu kelepekan pada rambut. Hindari juga pakai karet gelang karena bisa merusak rambut akibat gesekan. Baiknya pakai ikat rambut dari bahan kain. Perlu juga melepas ikatan rambut dan membiarkannya beristirahat ketika sedang tidak memakai hijab.
  • Pilih bahan kerudung dan inner yang sesuai. Baiknya yang terbuat dari ceruti atau hicon. Bahan katun juga biasanya dipilih karena punya pori-pori yang mampu memperlancar sirkulasi udara ke rambut.  Hindari menggunakan hijab dengan model bertumpuk agar tidak membuat kulit kepala jadi mudah berkeringat dan membuatnya lepek.
  • Selain lepek kamu mungkin juga pernah mengalami rambut yang tampak tidak bervolume. Walaupun terkesan sama, cara membuat rambut bervolume sedikit berbeda dengan perawatan kondisi lepek. 

Setelah mengetahui tips dan cara agar rambut tidak lepek, terus gimana dong cara membuat rambut bervolume? Sebelum kita bahas lebih jauh soal cara membuat rambut bervolume permanen, kamu perlu tahu bahwa rambut terlihat indah mengembang, tidak terlalu lembap, berminyak, atau kering merupakan  ciri-ciri rambut bervolume.

Setelah paham mengenai ciri-ciri rambut bervolume, yuk, simak informasi cara membuat rambut bervolume di bawah ini sampai habis!

Baca juga: Rekomendasi Shampo Anti ketombe Terbaik untuk Hijaber

Cara Membuat Rambut Bervolume

Penyebab rambut tidak bervolume bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya, cuaca panas dan tingkat polusi udara yang tinggi bisa bikin kulit kepala memproduksi minyak berlebih dan mengakibatkan gatal.

Selain itu, kebiasaan keramas yang tidak dilakukan setiap hari menjadikan minyak, keringat, dan debu jadi menumpuk di kulit kepala. Hasilnya, rambut jadi tidak bervolume. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Jangan khawatir sebab di bawah ini ada beberapa cara membuat rambut bervolume secara alami. Apa saja? Cek infonya di bawah, yuk!

1. Memperbanyak Konsumsi Makanan Antioksidan serta Protein

Cara membuat rambut bervolume bisa dibantu dari makanan yang dikonsumsi. Rambut sendiri memerlukan protein yang dikenal dengan nama keratin. Bila rambut kekurangan protein keratin membuatnya menjadi gampang sekali menipis dan rontok.

Agar bisa mencukupi kebutuhan keratin, baiknya konsumsi makanan yang kaya protein, seperti daging, gandum, kacang-kacangan, telur, dan yoghurt. Tambah juga dengan makanan yang kaya antioksidan misalnya apel, pir, pisang, alpukat, sayuran berdaun hijau, blueberry, dan tomat yang bisa jauhi radikal bebas. Kandungan antioksidan sendiri bisa membuat aliran darah ke seluruh bagian tubuh maupun seluruh bagian rambut jadi maksimal.

2. Keringkan Rambut Sebelum Pakai Hijab

Rambut lepek akibat hijab juga bisa diatasi dilakukan adalah dengan memastikan rambut sudah kering. Jika rambut masih basah biasanya gampang banget rusak. Cara agar bervolume adalah dengan mengeringkan rambut yang sebaiknya dilakukan, yakni dengan diangin-anginkan dan ditepuk halus memakai handuk.

3. Ubah Belahan Rambut

Bukan hanya membuat tampilan kamu jadi lebih fresh, mengubah arah belahan rambut bisa jadi cara membuat rambut bervolume juga lho. Coba ubah belahan rambut saat kondisinya masih basah setelah keramas, kemudian keringkan secara alami.

4. Tidak Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Rambut yang diikat terlalu kencang bisa memicu masalah, salah satunya lepek. Hindari juga pakai karet gelang karena bisa merusak rambut akibat gesekan. Baiknya pakai ikat rambut dari bahan kain. Perlu juga melepas ikatan rambut dan membiarkannya beristirahat ketika sedang tidak memakai hijab.

5. Pilih Bahan Kerudung dan Inner yang Sesuai

Bila kamu termasuk yang mudah berkeringat sehingga mengakibatkan rambut lepek akibat hijab, bisa gunakan bahan yang terbuat dari ceruti atau hicon. Sementara jika cuaca sedang terik, hijab berbahan katun yang lebih lembut, adem, dan tak mudah kusut bisa jadi pilihan.

Bahan katun biasanya memiliki pori-pori yang mampu memperlancar sirkulasi udara ke rambut. Cara supaya rambut bervolume yatu dengan menghindari menggunakan hijab dengan model bertumpuk agar tidak membuat kulit kepala jadi mudah berkeringat dan membuatnya lepek.

6. Keramas dengan Produk yang Tepat

Terakhir, cara agar rambut bervolume yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan jika kamu selalu rutin keramas dan tidak menunggu rambut sampai bau dan kotor, apalagi jika kamu sering melakukan aktivitas yang sering memunculkan keringat.

Hal yang tidak boleh lupa juga pilih produk hair care untuk membuat rambut bervolume. Sebagai rekomendasi shampo untuk rambut bervolume, kamu bisa gunakan shampo halal untuk rambut bervolume seperti Sunsilk Hijab Refresh & Volume yang memiliki kandungan pomegranate, mint, dan micellar ice yang bisa buat rambut indah mengembang dan tidak lepek. Selain itu, bisa berikan sensasi dingin, harum, dan segar seketika.

Sudah menemukan solusi agar rambut tidak lepek dan cara membuatnya bervolume, kan? Sekarang kamu bisa lebih aktif menjalani aktivitas di luar ruangan dan tidak worry lagi deh dengan rambut kamu, semangat ya, Sis!