Skip to content
cara agar rambut tidak mengembang

8 Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Mudah Diatur

Perawatan rambut mengembang ini cocok untuk kamu coba!

Meski rambut jadi tampak tebal, pada kenyataannya memiliki rambut mengembang sangatlah mengganggu penampilan. Pasalnya, masalah rambut yang satu ini juga kerap kali diikuti dengan kondisi lain seperti rambut kering dan kusut yang membuatnya menjadi susah diatur, sehingga membuat kita mengalami bad hair day.

Jika sudah begini, biasanya kebanyakan orang akan memilih untuk menguncir rambutnya demi menyelamatkan penampilan.

Namun, menguncir rambut yang mengembang dan kusut secara terus-menerus juga bisa memicu masalah rambut lainnya loh, Sis. Oleh karena itu, alih-alih mengikat rambut agar terlihat rapi, sebaiknya segera lakukan perawatan rambut mengembang secara sederhana di rumah.

Walaupun butuh proses yang tidak sebentar, tapi jika kamu melakukannya dengan rutin dan konsisten, tentu akan memberikan hasil yang optimal berupa rambut yang sehat, lembut, dan mudah diatur.

Penyebab Rambut Mengembang

Perlu dipahami bahwa rambut mengembang umumnya terjadi akibat kurangnya kelembapan pada batang rambut. Masalah ini dipicu oleh kebiasaan berikut ini:

1. Terlalu sering keramas

Paparan bahan kimia yang terdapat di dalam shampo bisa menghilangkan minyak alami pada rambut. Jika kamu keramas terlalu sering (misalnya setiap hari), maka kebiasaan yang satu ini justru bisa menghilangkan kelembapan rambut yang menyebabkan rambut menjadi kering, kusut, mengembang, dan susah diatur.

2. Membilas rambut menggunakan air hangat

Meski membuat tubuh dan kepala terasa rileks, membilas rambut menggunakan air hangat setelah keramas justru bisa membuka kutikula dan menghilangkan kelembapan rambut. Apakah kamu termasuk yang sering melakukannya?

3. Salah memilih produk shampo 

Penyebab rambut mengembang selanjutnya adalah akibat salah pemilihan shampo, terutama produk yang mengandung kadar alkohol yang terlalu tinggi. Kandungan alkohol yang berlebihan inilah yang bisa membuat rambut menjadi kering dan cepat mengembang atau megar.

4. Mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya secara kasar

Kebiasaan lain yang juga menyebabkan rambut menjadi megar dan susah diatur adalah sering kali mengeringkan rambut dengan menggosoknya secara kasar menggunakan handuk. Jika ini dilakukan secara terus-menerus, maka bisa menyebabkan gesekan pada kutikula yang akhirnya bisa menyebabkan rambut menjadi kasar, kering, dan mengembang.

5. Penggunaan alat styling rambut yang berlebihan

Suhu panas dari hair dryer dan alat catokan rambut juga bisa membuat rambut menjadi kering dan mengembang, apalagi jika kamu menggunakannya saat kondisi rambut masih benar-benar basah.

6. Paparan sinar matahari yang berlebihan

Terakhir, penyebab rambut mengembang adalah paparan sinar matahari. Pada dasarnya, paparan sinar matahari secara langsung memang bisa mengurangi kelembapan rambut. Jika dibiarkan, hal ini tentu akan membuat rambut cepat kering dan mengembang.

Cara Agar Rambut Tidak Mengembang

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya di atas, berikut ini cara agar rambut tidak mengembang yang bisa kamu lakukan:

  1. Keramas menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis dan kondisi rambut kamu. Sebisa mungkin pilihlah produk shampo agar rambut tidak mengembang dengan kandungan alkohol yang minim.
  2. Membilas rambut menggunakan air dingin setelah keramas, tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan kutikula, sehingga rambut tetap lembap dan berkilau alami.
  3. Tidak menyentuh rambut menggunakan tangan, apalagi saat tangan dalam kondisi kotor, berminyak, dan habis memegang benda tertentu.
  4. Menggunakan pelindung kepala, seperti topi, scarf, atau payung untuk menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan secara langsung.
  5. Mengeringkan rambut menggunakan handuk microfiber dengan cara menepuknya secara perlahan dan biarkan mengering dengan sendirinya.
  6. Mengatur suhu alat styling rambut agar tidak terlalu panas. Hindari penggunaan alat pengering dan catok rambut saat rambut masih basah. Sebaiknya jangan gunakan beberapa alat ini setiap hari agar minyak alami rambut tidak menghilang, ya.
  7. Jika terpaksa harus menggunakan alat styling, sebaiknya hindari penggunaannya saat rambut masih basah. Sebaliknya, tunggu hingga rambut setengah kering, baru deh kamu bisa menggunakannya.
  8. Menggunakan produk kondisioner setelah keramas untuk menutrisi sekaligus menjaga kelembapan rambut. Namun, pastikan kondisionernya jangan sampai mengenai kulit kepala dan bilas dengan air dingin.

Perawatan Rambut Mengembang Secara Alami di Rumah

Selain dengan melakukan beberapa cara agar rambut tidak mengembang tadi, kamu juga bisa melakukan perawatan rambut mengembang secara alami di rumah, di antaranya:

1. Menggunakan minyak argan untuk masker rambut

Caranya dengan mengoleskan 8-10 tetes minyak argan murni pada rambut dan melakukan pemijatan pada kulit kepala selama 10 menit. Setelah itu, bungkus rambut dengan handuk atau shower cap dan diamkan semalaman. Bilas rambut keesokan paginya menggunakan shampo dan air dingin.

Melansir dari Alodokter.com, minyak argan mengandung vitamin E, Omega 3, antioksidan polifenol, beta-karoten, serta xantofil yang bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut.

Tak hanya itu saja, kandungan asam oleat dan asam linoleat yang terkandung di dalamnya juga berperan melapisi kulit kepala dan bagian terluar batang rambut (kutikula), sehingga bisa menjaga kelembapan rambut dan membuat rambut lebih mudah diatur.

2. Masker madu

Selain masker dari minyak argan, kamu juga bisa memanfaatkan madu untuk dijadikan masker madu. Caranya juga sangat mudah, cukup campurkan dua sendok makan madu dengan minyak kelapa, lalu oleskan ke rambut hingga merata.

Diamkan selama 15 menit, lalu bilas menggunakan shampo dan air dingin yang bersih. Pastikan tidak ada sisa masker yang menempel di kulit kepala agar tidak menimbulkan ketombe dan rambut berminyak, ya!

Hindari Rambut Mengembang dengan Sunsilk Soft & Smooth Active Infusion

Kedua cara agar rambut tidak mengembang secara alami di atas memang cukup mudah dilakukan, sayangnya  kita sering tidak memiliki banyak waktu untuk melakukannya.

     

Tak perlu bingung, karena kamu tetap bisa kok melakukan perawatan rambut mengembang di rumah dengan menggunakan rangkaian produk shampo dan conditioner dari Sunsilk Soft & Smooth Activ-Infusion yang juga mengandung bahan alami sebagai berikut.

1. Kandungan argan oil

Selain menjaga kelembapan dan melembutkan rambut, minyak argan juga mampu membantu proses penyembuhan luka atau peradangan di kulit kepala, mencegah kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut yang lebih kuat, dan memperbaiki kerusakan rambut akibat sering distyling.

2. Kandungan soy milk protein

Kandungan ini mampu menghidrasi rambut kering dan rambut kasar, serta membantu menguatkan pertumbuhan rambut dari akarnya, sehingga rambut dapat tubuh lebih kuat dan tidak mengalami kerontokan.

3. Vitamin E

Tak hanya bagus untuk menjaga kesehatan kulit, vitamin E juga dikenal mampu membuat rambut lebih halus. Bahkan ternyata, vitamin E mampu berfungsi untuk memperbaiki folikel rambut yang rusak dan merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Hal ini bisa terjadi karena antioksidan yang terkandung di dalam vitamin E mampu meningkatkan sirkulasi darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk kulit kepala.

Cara Menggunakan Sunsilk Soft & Smooth Activ-Infusion

Agar rambut mengembang dan susah diatur dapat diatasi secara optimal, berikut ini cara menggunakan rangkaian produk shampo dan conditioner dari Sunsilk Soft & Smooth Activ-Infusion yang wajib kamu ketahui:

  • Basahi rambut, kemudian tuangkan Sunsilk Soft & Smooth Activ-Infusion Shampoo secukupnya ke telapak tangan. 
  • Usapkan shampo secara merata ke seluruh rambut sambil memberikan pijatan ringan menggunakan ujung jari. Mulailah dari tepi pinggir rambut, menuju tengah, hingga ke belakang. Diamkan sejenak.
  • Bilas menggunakan air bersih bersuhu dingin, lakukan secara berulang dan pastikan tidak ada sisa produk shampo yang menempel di kulit kepala.
  • Setelah keramas menggunakan shampo, lanjutkan dengan mengoleskan Sunsilk Soft & Smooth Activ-Infusion Conditioner Smoothies di bagian batang rambutnya saja tanpa mengenai kulit kepala untuk mencegah rambut lepek. Diamkan sejenak, lalu bilas lagi hingga bersih menggunakan air dingin.

Sama seperti shamponya, Sunsilk Soft & Smooth Activ-Infusion Conditioner Smoothies juga mengandung formula Activ-Infusion seperti Argan oil, soy milk protein, dan vitamin E yang sangat baik untuk menjaga rambut tetap terhidrasi, lembut, dan halus.

Diformulasikan dengan teknologi perfume touch, rangkaian produk shampo dan conditioner dari Sunsilk Soft & Smooth Activ-Infusion memberikan keharuman selama 48 jam!

Yuk, gunakan rangkaian produk shampo dan conditioner dari Sunsilk Soft & Smooth Activ-Infusion secara rutin sebagai ritual perawatan rambut mengembang dan jangan lupa berikan review Sunsilk Soft and Smooth Activ-Infusion di e-commerce kesayanganmu atau bisa juga menuliskan pengalamanmu di website resmi Sunsilk Indonesia.