Skip to content
efek samping smoothing

7 Efek Samping Smoothing yang Berbahaya untuk Rambut

Tertarik untuk smoothing?

Meluruskan dan merapikan rambut dengan menggunakan metode smoothing adalah hal yang diperbolehkan  dan sah-sah saja untuk dilakukan. Namun, perawatan ini tentunya butuh komitmen penuh sebelum melakukannya. Sebab, smoothing harus dilanjutkan dengan perawatan lanjutan agar hasil smoothing bisa lebih tahan lama. 

Lalu, bagaimana dengan efek samping smoothing? Apakah smoothing rambut bisa merusak rambut dan berapa lama rambut smoothing bisa bertahan? Yuk, simak jawaban lengkapnya di bawah ini!

Metode Smoothing Rambut

Smoothing rambut adalah metode yang dilakukan untuk meluruskan dan melemaskan tanpa mengubah struktur rambut kita. Umumnya, cara yang satu ini lebih cocok digunakan untuk jenis rambut bergelombang, dan tidak disarankan untuk rambut yang cukup keriting.

Lantas, apakah smoothing rambut bisa merusak rambut? Tenang saja, Sis. Melansir dari Allthingshair.com, proses pelurusan rambut ini memakai bahan kimia dengan level soft atau mild. Smoothing juga mampu menutup kutikula atau bagian terluar rambut. Dengan demikian, bisa bebas kusut.           

Berapa Lama Rambut Smoothing Bisa Bertahan?

Ketentuan mengenai berapa lama rambut smoothing bisa bertahan tentu tergantung pada perawatan lanjutan yang dilakukan. Namun, berhubung metode smoothing tidak mengubah struktur rambut, maka teknik pelurusan smoothing termasuk dalam kategori sementara. Pada umumnya, rambut hasil smoothing bisa bertahan hingga tiga bulan.

7 Efek Samping Smoothing

Perlu dipahami bahwa penggunaan bahan kimia yang dipakai dapat memicu beberapa efek samping smoothing pada rambut berikut ini:

  1. Mengubah struktur asli rambut, sehingga mengganggu kesuburan rambut
  2. Kulit kepala jadi rentan terhadap cairan kimia yang digunakan untuk smoothing
  3. Membuat batang rambut menjadi lebih rapuh dan kering selama beberapa saat setelah smoothing
  4. Obat smoothing bisa meresap ke kulit kepala dan mungkin juga meninggalkan residu di batang rambut atau kulit kepala yang jika tidak dibilas dengan bersih selama proses pelurusan bisa menimbulkan gejala mirip dengan rambut berketombe dan kulit kepala mengelupas yang disertai rasa gatal
  5. Dapat menimbulkan iritasi pada kulit kepala, seperti rasa gatal maupun sensasi panas atau terbakar, terutama jika kamu memiliki jenis kulit sensitif
  6. Rambut menjadi lebih mudah beruban
  7. Memicu rambut bercabang.

Perawatan Rambut Smoothing

Jika kamu tertarik untuk smoothing rambut, ini dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar hasilnya awet:

  1. Tidak perlu langsung keramas setelah smoothing. Setidaknya tunggu dulu hingga tiga hari agar obat smoothingnya benar-benar meresap ke dalam kulit kepala.
  2. Mencegah rambut lepek dengan cara menggunakan dry shampoo atau menaburkan bedak bayi sebagai pengganti keramas setelah smoothing.
  3. Setelah diperbolehkan untuk keramas, pastikan untuk membilasnya menggunakan air dingin untuk mencegah kutikula rambut terbuka.
  4. Menyemprotkan vitamin rambut
  5. Hindari mengikat rambut, karena hal ini bisa mengubah bentuk rambut setelah smoothing  dan bisamenjadi cara menghilangkan efek smoothing lebihyang paling cepat.
  6. Menggunakan sisir kayu bergigi jarang untuk merapikan rambut. penggunaan sisir plastic hanya akan menimbulkan arus listrik statis dan menyebabkan rambut menjadi bergelombang.
  7. Menggunting rambut secara rutin, terutama di bagian ujung rambut yang terbelah dua (bercabang).
  8. Hindari paparan sinar matahari secara langsung.

Selain beberapa cara di atas, pastikan juga untuk merawat rambut kamu setelah smoothing menggunakan shampo yang melembapkan, seperti Sunsilk Soft & Smooth Active Infusion yang mengandung bahan alami sebagai berikut.

1. Kandungan argan oil

Sama seperti shamponya, kandungan formula Activ-Infusion seperti Argan Oil, Soy Milk Protein, dan Vitamin E di dalam Sunsilk Soft & Smooth Activ-Infusion Conditioner Smoothies juga sangat baik untuk menjaga rambut tetap terhidrasi, lembut, halus, dan harum berkat teknologi perfume touchnya loh, Sis!

Selain sebagai bahan untuk meluruskan rambut secara alami, minyak argan oil ternyata mampu membantu proses penyembuhan luka atau peradangan di kulit kepala, mencegah kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut yang lebih kuat, dan memperbaiki kerusakan rambut akibat sering distyling, salah satunya smoothing.

2. Kandungan soy milk protein

Kandungan ini mampu menghidrasi rambut kering dan rambut kasar, serta membantu menguatkan pertumbuhan rambut dari akarnya, sehingga rambut dapat tubuh lebih kuat dan tidak mengalami kerontokan.

3. Vitamin E

Tak hanya bagus untuk menjaga kesehatan kulit, vitamin E juga dikenal mampu membuat rambut lebih halus. 

Setelah keramas menggunakan shampo, lanjutkan dengan mengaplikasikan Sunsilk Soft & Smooth Activ-Infusion Conditioner Smoothies di bagian batang rambutnya saja tanpa mengenai kulit kepala untuk mencegah rambut lepek. Diamkan sejenak, lalu bilas lagi hingga bersih menggunakan air dingin.

Nah, itu tadi informasi mengenai efek samping smoothing serta jawaban pertanyaan apakah smoothing rambut bisa merusak rambut dan berapa lama rambut smoothing bisa bertahan. Yuk, bikin rambut lurus hasil smoothing kamu makin awet dengan rangkaian produk shampo dan conditioner dari Sunsilk Soft & Smooth Activ-Infusion sekarang juga!