Skip to content
cara merawat rambut rontok dan kering

Jangan Panik, Ini 5 Cara Merawat Rambut Rontok dan Kering yang Efektif

 

Permasalahan rambut berbeda-beda bagi setiap orang. Apabila permasalahan kamu adalah rambut rontok dan kering. Kamu pasti paham betul bagaimana keduanya membawa dampak buruk pada penampilanmu ‘kan, Sis?

Bahkan, outfit yang paling trendy pun gak akan cukup kalau rambut terlihat kering atau rontok di baju kamu. Tapi, bagaimana sih cara merawat rambut rontok dan kering secara efektif?

Tenang, kerusakan rambut seperti ini memanglah masalah yang fundamental dan kronis, tapi bukan gak mungkin untuk diselesaikan. Simak ulasan berikut ini buat tahu caranya!

Kerontokan yang Masih Dianggap Normal

Tahukah kamu bahwa rambut yang gugur gak lantas menandakan kamu mengalami masalah kerontokan? Pasalnya, siklus rambut yang kita miliki pada dasarnya memang berawal dari rambut yang tumbuh dan berakhir pada rambut yang gugur karena digantikan yang baru.

Perlu dipahami bahwa rambut kita pada dasarnya juga meliputi akar yang menempel di folikel kulit kepala yang terbuat dari sel protein. Setiap saat, akar ini akan menerima oksigen dan juga nutrisi dari makanan yang kita konsumsi setiap hari. Baik nutrisi dan oksigen tersebut nantinya akan memicu sel protein untuk menggandakan dirinya dan membuat rambut semakin tumbuh panjang.

Tapi, pertumbuhan ini ada batasnya karena ketika rambut sudah cukup panjang, rambut baru pun akan mengakar dan tumbuh di bawah rambut yang mati. Seiring berjalannya waktu, rambut tersebut akan mendorong rambut yang mati keluar dari folikel dan menjadikannya gugur.

Proses ini terjadi dalam jangka waktu yang lama dan gak berlangsung secara bersamaan. Namun, meskipun begitu, kamu mungkin akan kehilangan 50-100 rambut setiap harinya dan hal ini masih dianggap wajar ya, Sis.

Lain halnya pada kerontokan, hal ini bisa disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan buruk dan juga masalah dari dalam tubuh, seperti stres atau penyakit. Jika masalahnya gak selesai, rambutmu akan terus gugur dan hal inilah yang dinamakan kerontokan. Untuk mengetahui masalahnya secara pasti, kamu bisa melakukan konsultasi untuk menjalani pemeriksaan darah atau biopsi kulit kepala.

Cara Merawat Rambut Rontok dan Kering

Pada rambut yang mengalami kerusakan, masalah rambut rontok dan kering sering terjadi bersamaan. Pasalnya, kebiasaan buruk yang membuat rambut kering adalah hal yang memicu kerontokan, misalnya adalah kesalahan dalam merawat rambut atau pola makan yanggak sehat. Jadi, sangat wajar jika cara merawat rambut rontok dan kering sering beririsan satu sama lain, seperti berikut ini!

●        Potong Rambut Lebih Pendek

Sebenarnya, rambut yang lebih pendek juga tetap berisiko mengalami kerontokan. Namun, rambut yang pendek memungkinkan kamu untuk memotong bagian ujung rambut yang sudah kering dan bercabang. Setelah itu, kamu pun bisa menyisir secara mudah tanpa khawatir sisir kusut dan menarik rambut keluar dari folikel.

●        Hindari Paparan Panas Secara Langsung

Panas berlebih dapat menghilangkan kelembapan rambutmu dan menjadikannya mudah rontok. Adapun cara merawat rambut rontok dan kering yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi frekuensi penggunaan hair dryer, pencatok, dan menghindari sinar matahari yang langsung terkena rambut. Jika ingin mengeringkan rambut, bungkus dengan handuk dan biarkan hingga kering secara sendirinya.

●        Perbanyak Konsumsi Biotin

Pola makan yang baik yang dapat membuat rambutmu jauh dari kekeringan dan kerontokan adalah dengan memperbanyak biotin, misalnya dari ikan, daging, susu, pisang, singkong, dan juga bayam. Jika kekurangan biotin, kamu mungkin akan merasakan rambut yang semakin tipis, bercabang, atau kusut.

●        Berikan Nutrisi dari Luar

Selain memperhatikan asupan nutrisi lewat makanan, nutrisi juga bisa dilakukan dari luar. Adapun cara merawat rambut rontok dan kering yang bisa dilakukan, seperti menggunakan hair vitamin, hair mask, dan conditioner. Kemudian, untuk bahan alami, kamu bisa mencoba minyak esensial, seperti peppermint dan chamomile, atau bahan lainnya, seperti minyak kelapa.

●        Gunakan Air Dingin Saat Keramas

Selain panas dari matahari dan alat penata rambut, kamu juga perlu memperhatikan suhu air. Pasalnya, air yang hangat atau panas mampu menarik minyak alami yang menjadikan rambut lembap. Maka dari itu, upayakan untuk menggunakan air dingin ketika keramas.

Demikian tadi beberapa cara merawat rambut rontok dan kering. Sebelum lanjut menerapkannya, perlu dipahami bahwa masalah kronis ini butuh solusi yang dilakukan secara konsisten dan jangka panjang. Nah, agar upaya kamu semakin sempurna, pastikan untuk memilih produk perawatan dasar yang sudah tepat, contohnya adalah shampo.

Salah satu produk yang bisa kamu pilih untuk meraih rambut yang kuat adalah Sunsilk Super Shampoo Bye Bye Rambut Rontok. Pasalnya, produk ini memang mengandung kolagen dan ginseng yang berguna untuk menjaga rambut agar tetap fleksibel dan 10x lebih kuat dan terlindungi dari masalah kerontokan. Dengan begini, kamu bisa #KeramasCollagen setiap hari. Menarik, bukan?

Tapi, sebelum langsung membelinya, ketahuilah kalau hasil yang optimal hanya bisa dilakukan dengan penerapan cara menggunakan shampo collagen Sunsilk Super Shampoo Bye Bye Rambut Rontok yang benar. Adapun caranya adalah dengan menuangkan cairan shampo ke telapak tangan, mengusapkannya ke rambut hingga berbusa, memijat kulit agar cairannya menjangkau seluruh bagian, serta membilasnya hingga bersih. Selain itu, kamu juga bisa keramas lagi jika dirasa perlu. Yang jelas, jauhkan cairan shampo dari mata dan bersihkan dengan air kalau sudah terlanjur.

Sunsilk Super Shampoo Bye Bye Rambut Rontok tersedia dalam ukuran 9ml (sachet), 160 ml (botol sedang), dan juga 300ml (botol berukuran lebih besar). Seluruh varian ukurannya bisa kamu dapatkan di supermarket, minimarket, pasar, toko, atau merchant-merchant lainnya. Selamat mencoba #KeramasCollagen, ya!

YUK FOLLOW SUNSILK