Skip to content
shampo natural

Hindari 5 Bahan Ini

Saat Memilih Shampo Natural

 

Ketika memilih produk shampo untuk digunakan setiap hari, apa kriteria atau preferensi yang harus ada dalam produk tersebut? Soalnya, setiap individu pasti akan punya pilihan yang berbeda kalau kriteria atau preferensi tersebut masuk ke dalam pertimbangan.

Dilema ini, sih, umumnya dirasakan oleh para ladies yang hanya ingin memilih produk shampo natural atau organik untuk digunakan setiap hari. Mereka akan melihat daftar kandungan yang ada di kemasan agar nggak salah pilih!

Perlu ladies sadari bahwa ini sangatlah wajar karena beberapa bahan yang ada pada shampo mungkin dapat menghalangimu mendapatkan khasiat dari kealamian shampo tersebut. Bahkan, bisa jadi bahan-bahan tersebut bisa merusak rambutmu. Maka dari itu, langsung simak daftar bahan yang perlu dihindari saat memilih shampo berikut ini!

Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

Busa yang keluar saat kamu keramas dihasilkan dari bahan yang ini. Sodium lauryl sulfate atau SLS memudahkan cairan shampo dan air untuk menyatu dan menghasilkan busa. Tujuannya adalah untuk membantu membersihkan rambut dan kulit kepala.

Namun, perlu dipahami bahwa jumlah SLS yang terlalu banyak justru bisa mengiritasi kulit kepala. Apabila kamu juga rentan terhadap bahan ini, maka sebaiknya dihindari, ya Sis!

Artificial Perfume Tertentu

Penggunaan parfum atau pewangi buatan juga sangat wajar pada shampo-shampo natural. Bahan ini umumnya bertujuan untuk meningkatkan intensitas aroma yang sudah dihasilkan oleh bahan alami.

Akan tetapi, sama seperti penggunaan SLS, kamu perlu memperhatikan efeknya di rambutmu. Dengan formulasi yang tidak tepat, pewangi alami pada shampo justru dapat membuat kulit kepala kering atau iritasi.

Inilah sebabnya kamu perlu memilih shampo dari brand-brand yang terpercaya untuk penggunaan setiap hari saat keramas. Umumnya, brand terpercaya nggak akan menggunakan bahan berbahaya di dalam kandungan pewanginya.

Paraben

Bahan yang satu ini sudah terkenal berbahaya bukan hanya di dunia skin care, tapi juga hair care. Kok bisa? Paraben disinyalir punya hubungan sebab akibat dengan pertumbuhan sel kanker payudara serta ketidakseimbangan hormon estrogen di dalam tubuh. 

Kemudian, sama seperti bahan-bahan sebelumnya, bahan ini juga bisa memunculkan reaksi tertentu pada sebagian orang. Beberapa reaksi akibat shampo natural dengan bahan paraben, antara lain:

  • Iritasi kulit
  • Rasa gatal
  • Kulit mengelupas
  • Kemerahan atau ruam

Bila muncul reaksi ini, segera periksakan ke dokter dan hentikan penggunaan shampo berbahan paraben tersebut.

Alkohol

Sebagian besar produk shampo yang ada di pasaran akan mengandung alkohol, entah itu dalam bentuk organiknya (seperti propylene glycol) atau bentuk yang nggak organik (seperti isopropyl alcohol, ethyl alcohol, atau propanol alcohol). Bahan ini digunakan karena manfaat anti-bakteri yang dikandungnya.

Namun, masalah akan terjadi jika formulasi shampo natural nggak tepat, contohnya adalah kandungannya yang terlalu tinggi. Perlu dipahami bahwa alkohol bisa dapat membuat rambut dan kulit kepala terasa kering.

Baca juga: Tips Memilih Vitamin Rambut yang Sesuai dengan Jenis Rambut dan Penggunaannya

Formaldehyde

Bahan yang satu ini juga dapat membahayakan kalau penggunaannya nggak bijak atau kandungannya sangat tinggi. Sebab, bahan ini mirip seperti paraben yang bersifat karsinogenik atau dapat memicu tumbuhnya sel kanker jika dengan formulasi tidak tepat. Selain itu, kamu juga bisa mengalami reaksi-reaksi langsung jika nggak cocok dengan bahan ini, seperti reaksi alergi dan ruam.

Itulah tadi sebagian bahan yang harus kamu hindari saat memilih shampo natural. Intinya, ada banyak faktor yang mempengaruhi baik buruknya suatu kandungan, misalnya sifat dari kandungan tersebut dapat menimbulkan iritasi, karsinogenikyang dapat membuat rambut kering, jumlah kandungannya, serta formulasi dari shampo itu sendiri.

Jadi, hal yang utama yang perlu diperhatikan adalah reaksi kulit kepala saat menggunakan shampo tersebut. Bila terjadi reaksi alergi tertentu, segera ganti shampo yang digunakan selama ini dengan produk dengan kandungan shampo natural dengan kandungan yang aman, seperti urang-aring, jeruk nipis, camelia essence, ginseng, dan juga mint.

Kelima kandungan tersebut ada di dalam shampo Sunsilk Black Shine yang bisa kamu gunakan setiap hari untuk memperoleh rambut hitam berkilau, harum, kuat, sehat, indah, serta bebas lepek. Tapi, tentu saja, ikuti cara penggunaan yang tepat untuk raih manfaat maksimalnya. Berikut adalah cara menggunakan shampo Sunsilk Black Shine!

  • Tuangkan cairan ke telapak tangan
  • Usapkan di rambut dan pijat kulit kepala secara lembut
  • Bilas hingga seluruh bagian kulit kepala dan rambut bersih
  • Hindari kontak dengan mata dan bilas dengan air bersih bila terlanjur

Cukup mudah, ‘kan, Sis? Kalau tertarik menggunakan kebaikan dari shampo Sunsilk Black Shine, dapatkan produk ini di merchant-merchant terdekat di wilayah kamu, seperti toko, minimarket, atau supermarket. Sunsilk Black Shine tersedia dalam ukuran 9ml (sachet) 70ml, 340ml, 170,ml, dan 680ml yang bisa kamu gunakan setiap hari.

Selain menggunakan shampo Sunsilk Black Shine, gunakan juga conditioner untuk mendapatkan hasil terbaik. Jadi, selamat mencoba, ya Sis!

Baca juga: Tips Memilih Shampo yang Membuat Rambut Lembut Alami

YUK FOLLOW SUNSILK