Benarkah Cara Keramas Kamu Selama Ini

Sejak kecil, kamu pasti sudah tahu bagaimana caranya keramas sendiri. Atau, setidaknya kamu pikir kamu tahu. Jadi bagaimana perasaan kamu kalau ada yang bilang bahwa cara keramas kamu selama ini ternyata… salah?

Kamu mungkin berpikir, nggak mungkin seseorang bisa salah keramas. Tapi kenyataannya, menurut para beauty expert, sebagian besar dari kamu membuat berbagai kesalahan saat sedang “menyabuni” rambut. Itu juga sebabnya kenapa hasil keramas di salon terasa sangat berbeda dengan saat kamu melakukannya sendiri di rumah.

Hasil keramas yang benar harusnya membuat rambut terasa bersih, ringan, dan ga lepek. Bahkan, menurut ahli, kalau kamu mencuci rambut dengan benar, kamu sebenarnya nggak perlu mencuci rambut setiap hari, dan cukup melakukannya 2-3 kali saja dalam seminggu. Berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan supaya hasil keramas kamu bisa maksimal sepenuhnya.

1. Pastikan rambut telah basah sepenuhnya sebelum kamu mulai mengoleskan shampoo. Helaian rambut yang masih kering nggak akan bisa bersih 100%.

2. Menggunakan terlalu banyak shampoo nggak menjamin rambut kamu jadi lebih bersih. Begitu juga dengan menggunakan terlalu sedikit shampoo. Supaya bisa bersih maksimal, kamu harus menggunakan shampoo dengan jumlah yang pas. Kalau rambut kamu pendek, cukup gunakan shampoo dengan diameter 2 cm. Untuk rambut sedang, gunakan shampoo dengan diameter 2,5 cm, dan 3 cm untuk rambut panjang.

3. Bagian terpenting dari keramas adalah ketika kamu memijat kulit kepala. Kebanyakan orang hanya sekadar mengoleskan shampoo ke rambut dan segera membilasnya. Menurut para hairstylist, kamu harus memijat lembut kulit kepala yang telah disabuni dengan gerakan memutar selama minimal 3 menit untuk bisa mendapatkan hasil maksimal dari shampoo.

4. Di salon, para hairstylist biasanya mencuci rambut dua kali. Ternyata, mereka punya alasan untuk melakukan itu. Keramas pertama difokuskan untuk kebersihan kulit kepala, dan keramas kedua lebih difokuskan pada kebersihan helai rambut. Tapi kalau rambut kamu pendek, keramas satu kali saja sudah cukup, kok, Dear. Keramas kedua nggak perlu selama keramas pertama. Kamu cukup menggunakan shampoo dengan ukuran diameter sekitar 1,5 cm, lalu usapkan ke rambut selama kurang lebih 20 detik.

5. Pastikan kamu membilas shampoo sampai bersih supaya nggak menimbulkan ketombe.

6. Satu hal yang nggak boleh dilupakan dalam ritual keramas adalah kondisioner. Coba pilih kondisioner dari Sunsilk yang cocok untuk kebutuhan rambutmu. Kini semua kondisioner Sunsilk hadir dengan microsheet technology yang membuat rambut menjadi tidak kusut dan lembut. Yang perlu kamu ingat, aplikasikan kondisioner mulai dari ujung rambut sampai ke bagian tengah saja. Jangan aplikasikan kondisioner di kulit kepala kamu. Setelah itu, diamkan sejenak sebelum kamu membilasnya sampai bersih

7. Bilas rambut kamu dengan menggunakan air dingin untuk membuat rambut terlihat lebih berkilau.


Coba deh, ikutin tujuh langkah ini dan kamu dijamin bakal memiliki rambut indah, sehat, dan berkilau.  Happy shampooing, Dear!

 

Gabung ke diskusi kami